Sukses

Nama Syabda Perkasa Belawa Diabadikan Menjadi Nama Jalan Dekat Rumahnya

Liputan6.com, Jakarta - Atlet bulu tangkis Indonesia Syabda Perkasa Belawa, mengembuskan napas terakhirnya pada Senin (20/3/2023) dini hari saat menuju Sragen untuk berziarah ke makam sang nenek. Syabda Perkasa Belawa mengalami kecelakaan di Tol Pemalang, Jawa Tengah bersama keluarganya.

Syabda Perkasa Belawa sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong lagi saat menjalani perawatan. Sementara, sang ibunda meninggal dunia di tempat kejadian.

Semasa hidupnya Syabda Perkasa Belawa dikenal sebagai anak yang ramah dengan tetangga. Bila ada waktu senggang, ia juga tak segan untuk berlatih dengan tetangga dekat rumah, di kawasan Jatikramat, Bekasi, Jawa Barat, dilansir kanal YouTube TribunJakartaOfficial, Selasa (21/3/2023).

Saking bangganya warga sekitar dengan pebulutangkis yang masuk 90 besar dunia ini namanya pun dijadikan nama jalan dekat rumahnya yaitu Gang Badminton Syabda.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

GOR Badminton Milik Keluarga Syabda Perkasa Belawa

Dijelaskan Ibrahim, salah satu tetangga bahwa dekat rumah Syabda, dibangun sebuah Gelanggang Olahraga (GOR) untuk bulu tangkis. GOR tersebut memang milik keluarga Syabda.

Keluarga Syabda membangun tempat olahraga itu pada 2011 silam. Semula tempat tersebut merupakan lahan kosong yang memang dipakai untuk aktivitas olahraga.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Ayah Syabda Perkasa Belawa Aktif di PBSI

Ayah Syabda Perkasa Belawa, Muanis membangun fasilitas olahraga ini memang diperuntukkan bagi pelatihan atlet bulutangkis. Maklum, selain bekerja di media bagian periklanan, Muanis juga aktif di Persatuan Bulu Tangkis Indonesia (PBSI).

"Selain buat pelatihan atlet bulu tangkis, GOR ini juga dibuka untuk umum," papar Ibrahim.

 

4 dari 4 halaman

Syabda Perkasa Belawa Lawan 3 Laki-Laki

Syabda Perkasa Belawa, menyempatkan diri untuk pulang ke rumahnya di kawasan Bekasi, Jawa Barat, setiap akhir pekan. Dan biasanya, ia akan bermain bulu tangkis melawan bapak-bapak di GOR yang tersedia.

Serunya, pertandingan ini tak seimbang. Lantaran, Syabda seorang diri harus melawan tiga laki-laki yang umurnya jauh di atasnya. Meski begitu, bagi cowok kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001 ini tak ada masalah. Tentu saja, selama ini ia memiliki lawan yang cukup sulit di hadapi saat pertandingan dunia.

Syabda Perkasa Belawa adalah pemain bulu tangkis Indonesia yang berafiliasi dengan klub bulu tangkis PB Djarum dari 2013 hingga 2023. Dan bergabung dengan pusat pelatihan tim nasional bulu tangkis Indonesia pada tahun 2018.

Pada 2023, Syabda hanya mendapat kesempatan bermain di Iran Fajr International. Ia memenangkan gelar setelah mengalahkan Malaysia Justin Hoh dalam tiga pertandingan, dilansir Wikipedia. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.