Sukses

Alex Kwong, Mantan Suami Abby Choi Menjadi Buronan Polisi Sejak Lama, Banyak Kasus Hukum yang Menjeratnya

Sebelum melakukan mutilasi terhadap Abby Choi, Alex Kwong sudah menjadi buronan.

Liputan6.com, Jakarta - Alex Kwong, mantan suami Abby Choi menjadi tersangka pembunuhan terhadap sosialita Hong Kong, berusia 28 tahun. Bersekongkol dengan kakak laki-laki, sang ayah, dan ibunya, Kwong memutilasi mantan istrinya.

Sebelum ditangkap, Alex Kwong diketahui sempat ingin melarikan diri dengan speed boat ke Daratan di Dermaga Pembangunan Tung Chung.

Rupanya tindak pidana yang dilakukan Alex Kwong, bukan kali pertama. Bahkan ia menjadi buronan polisi sejak lama, dilansir dimsumdaily.hk, Sabtu (25/2/2023).

Pada 2015 silam, Kwong diduga mendalangi skema penipuan pembelian emas melalui aplikasi sosial selular. Ia mengajak empat teman dekatnya untuk berinvestasi emas dengan menjanjikan usaha patungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Alami Kerugian Rp9 Miliar

Namun, Alex Kwong melarikan diri membawa dana tersebut. Akibatnya mereka mengalami kerugian sebesar HK$5 juta. Bila dikonverter senilai Rp9 miliar lebih atau nyaris Rp10 M.

Di tahun yang sama, ia digugat oleh American Express Bank untuk memulihkan utangnya lebih dari HK$100.000. 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Buron Bertahun-tahun

Tak sampai di situ perbuatan melanggar hukum, Alex Kwong. Pada 2016, ia juga digugat pihak lain di Pengadilan Tinggi untuk memulihkan utangnya sebesar HK$1,576 juta.

Menurut informasi dari teman Choi, Alex sejak saat itu menjadi seorang buronan karena tak membayar utangnya tersebut. Sehingga beredar kabar di internet bahwa ada tawaran sebesar 2 juta dolar Hong Kong untuk menangkap Alex Kwong.

 

4 dari 4 halaman

Tidak Sehat

Alex Kwong, dilaporkan sempat sakit, dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Queen Elizabeth untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Sementara itu, ibunda Abby Choi yang aktif di media sosial membagikan kehidupan bahagianya bersama ketiga putrinya.

Tak sedikit warganet yang meninggalkan pesan belasungkawa atas kepergian Abby Choi di akunnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.