Sukses

Desainer Lily Mariasari Warnai Panggung Seni, Usung 8 Look dalam Koleksi The Color of Batik Jakarta

Desianer Lily Mariasari memperkenalkan koleksi busana The Color of Batik Jakarta yang dipamerkan di ajang Indonesia Fashion Week alias IFW 2023.

Liputan6.com, Jakarta Panggung seni Tanah Air seolah tak pernah kehabisan warna baru. Dari dunia mode misalnya, desianer Lily Mariasari memperkenalkan koleksi busana The Color of Batik Jakarta.

Koleksi di bawah payung lini busana Elemwe ini dipamerkan di ajang Indonesia Fashion Week alias IFW 2023 yang diselenggarakan di Jakarta dari 22 hingga 26 Februari 2023.

Lily Mariasari mengaplikasikan kain hitam bermotif warna-warni sesuai ciri khas atau identitas kelir Jakarta. Ia mencontohkan Jakarta Barat itu Kuning, Jakarta Timur adalah Merah dan sebagainya.

Lewat pernyataan tertulis yang diterima Showbiz Liputan6.com, Selasa (28/2/2023), Lily Mariasari menjelaskan Elemwe memberi sentuhan kain tenun dari klungkung Bali yang dikawinkan dengan batik.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tenun Gringsing

“Untuk tambahan kain ada tenun gringsing dari Klungkung Bali dan katun polos rayon ramah lingkungan sebagai bentuk dukungan untuk program sustainability fashion atau fesyen keberlanjutan,” kata Lily Mariasari.

Koleksi modest jadi andalan Elemwe pada awal 2023. Lily Mayasari berpendapat, sebagai pekerja seni, desainer tetap harus memperhatikan kebutuhan masyarakat juga ramah lingkungan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Dampak Lingkungan

“Intinya tiap produk yang dibuat juga memperhatikan dampak lingkungan dari sampah produksi. Karenanya, kami menggerakkan perajin disabilitas dalam mengolah sisa sampah produksi menjadi produk bernilai jual,” urainya.

Sampah perca misalnya, dikumpulkan lalu didesain menjadi tas belanja batik multiguna dan sebagainya. Lily Mariasari bersyukur, para pekerja seni di dunia mode berkomitmen ramah lingkungan.

 

4 dari 4 halaman

8 Look

Kembali ke koleksi The Color of Batik Jakarta, ada delapan koleksi yang disuguhkan ke hadapan para pencinta mode. “Ada delapan look untuk koleksi kali ini,” Lily Mariasari menjelaskan.

Seiring perubahan status pandemi menjadi endemi, sang desainer optimistis industri ekonomi kreatif termasuk seni dan mode di dalamnya kembali bergairah dengan karya-karya yang tak sekadar indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.