Sukses

Arzeti Bilbina Sukses Pertahankan Disertasi, Berhasil Menyandang Gelar Doktor

Arzeti Bilbina lega karena bisa lulus menyelesaikan kuliah S3.

Liputan6.com, Jakarta Model yang juga anggota DPR RI Komisi IX Fraksi PKB, Arzeti Bilbina berhasil menyandang gelar Doktor. Arzeti dinyatakan lulus dalam Sidang Ujian Terbuka (Public Exam) Promosi Doktor Ilmu Politik, Universitas Nasional (UNAS), Jakarta. Arzeti Bilbina sukses mempertahankan disertasinya yang berjudul “Politik Kebijakan Anggaran dan Konflik Kepentingan Dalam Penanganan Covid-19 di Indonesia”.

Di hadapan enam promotor yang seluruhnya Profesor, Arzeti Bilbina mempresentasikan disertasinya dengan sangat baik. Arzeti juga nampak sangat menguasai materi yang disajikan.

Dirinya mampu menjawab seluruh pertanyaan tim penguji yang begitu kritis terhadap disertasi yang diangkatnya. 

“Alhamdulillah disertasi yang saya ambil saat ini bicara mengenai politik kebijakan dalam  penanganan Pandemi Covid-19. Dan disertasi saya diterima dengan sangat baik oleh para penguji dan dinyatakan lulus sebagai Doktor (Dr),” ujar Arzeti Bilbina kepada wartawan di Universitas Nasional kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (30/1/2023). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Belajar

Arzeti Bilbina juga mengakui dirinya seperti kebanyakan mahasiswa yang lebih dulu mempelajari sebelum ujian.

"Sebelum hari ini ujian terbuka kan sudah digembleng sebelumnya dengan proses yang saya lalui. Saya berterima kasih kepada Universitas Nasional. Mereka itu tidak mudah untuk meluluskan disertasi, jadi prosesnya panjang dan justru membuat kita sebagai mahasiswanya jadi memiliki motivasi semangat dan akhirnya tahu tujuan disertasi itu seperti apa. Sehingga kemudian pemahaman-pemahaman, melahirkan teori dan juga temuan-temuan yang diberikan kepada kampus seperti apa. Bersyukur, saya menyelesaikan di Universitas Nasional dalam waktu yang agak panjang juga ya kuliah saya dari 2019," ujar Arzeti. 

 

 

3 dari 4 halaman

Bersyukur

Arzeti juga patut bersyukur karena mendapat dukungan suaminya Aditya Setyawan (Didit) dan juga anak-anak serta keluarganya selama lima tahun menjalani proses perkuliahan untuk mendapat gelar Doktor (S3) ini sangat luar biasa. Motivasi yang diberikan Didit membuat dirinya terus bersemangat menyelesaikan tugas-tugas pendidikan yang diberikan oleh para pengajar (Dosen). 

"Alhamdulillah motivasi dukungan seorang suami, dukungan keluarga, anak-anak itu yang paling penting. Sampai ketemu dengan dosen pembimbing, penguji terus diberikan motivasi agar saya terus semangat. Jadi waktu dulu jamannya Covid sidang itu masih online, sekarang tatap muka. Begitu nggak bisa jawab langsung ditegur disitu juga. Terus disemangati suami dan anak-anak serta keluarga sampai bikin presentasi dan Alhamdulillah hasilnya hari ini, saya dinyatakan lulus Doktor,” ungkap Arzeti. 

“Kita terus dukung Zeti untuk mencapai pendidikan saat ini. Zeti sebagai Anggota Dewan, backgroundnya dulu sebagai entertain punya yang namanya kecerdasan linguistik, tinggal masalah konten yang diisi. Harus berdasarkan analisa, berbicara dengan angka juga pasti berbeda, berbicara dengan akademis juga pasti berbeda. Semua kita latih pelan-pelan ya. saling belajar, saling melatih. Senang sekali lihat istri saya akhirnya bisa meraih cita-citanya dengan pendidikan tertingginya saat ini. Saya ucapkan selamat untuk istri saya,” sambung Didit untuk istri tercintanya. 

 

4 dari 4 halaman

Lega

Arzeti mengaku bisa lega karena akhirnya menyelesaikan disertasinya. Apalagi, selama ini dirinya harus berbenturan dengan waktu. Karena untuk observasi tidak seperti membuat skripsi. Menurutnya, harus benar-benar fokus dan niar tidak boleh patah semangat buat mengejar ilmu pendidikan yang bisa dibilang tidak mudah. 

"Semakin sulit justru disitu ilmunya, justru membuat kita akan merasakan berterima kasih juga karena ada sebuah titik temu dalam kesulitan," jelas ibu tiga anak, Bagas, Dimas dan Gendis ini.  

Saat disinggung apakah akan terus melanjutkan karir di dunia politiknya di 2024, usai sukses meraih gelar Doktor, Arzeti menjawabnya dengan sangat singkat. 

"Bismillah, Bismillah," pungkas Arzeti Bilbina.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.