Sukses

Anies Baswedan Melayat Almarhum Lieus Sungkharisma, Ngaku Kehilangan Pejuang dan Sosok Antikorupsi

Lieus Sungkharisma meninggal dunia di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Anies Baswedan melayat ke rumah duka Grand Heaven Pluit Jakarta, baru-baru ini.

Liputan6.com, Jakarta Lieus Sungkharisma meninggal dunia di Jakarta, Selasa (24/1/2023). Anies Baswedan turut berduka cita. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyambangi rumah duka Grand Heaven Pluit Jakarta, baru-baru ini.

Anies Baswedan menyampaikan pernghormatan terakhir untuk Lieus Sungkharisma seraya mengenang kali pertama mengenal tokoh Tionghoa yang dikenal sebagai pegiat antikorupsi tersebut.

Sejumlah foto saat berada di rumah duka dibagikan Anies Baswedan lewat akun Instagram terverifikasi, Minggu (29/1/2023). Menurutnya, Lieus Sungkharisma meninggal dunia adalah kehilangan besar bagi Indonesia.

Pertama kali kenal Bang Lieus Sungkharisma tahun 1993, saat itu saya sebagai Ketua Senat Mahasiswa Jogja diundang menghadiri konferensi yang diselenggarakan beliau sebagai Ketum GemaBudhi (Generasi Muda Buddhis Indonesia),” tulis Anies Baswedan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perkenalan Pada 1993

Sejak perkenalan pada 1993 itu, Anies Baswedan dan Lieus Sungkharisma menjalin interaksi intens. Apalagi ketika keduanya jadi pendidik di lingkungan kampus Universitas Paramadina.

Sejak kegiatan tersebut interaksi kami terjalin rutin. Begitu juga saat kami mengemban tugas di Universitas Paramadina, di mana beliau sebagai perwakilan Komtak (Komunitas Tionghoa Antikorupsi) memberikan kontribusi dalam penguatan materi mata kuliah antikorupsi,” cuitnya.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Bangsa Ini Kehilangan

Dalam pandangan Anies Baswedan, Lieus Sungkharisma lebih dari sekadar sahabat. Faktanya, suami Fery Farhati belajar banyak hal dari almarhum yang dikenal sebagai pejuang sekaligus aktivis.

Hingga saat ini kontribusi beliau tak berhenti dan bangsa ini kehilangan salah satu sosok pejuang, aktivis, sosok yang memiliki semangat luar biasa, tak kenal takut apapun tantangannya, dan mengerjakan apa yang beliau yakini itu benar,” Anies Baswedan menyambung.

 

4 dari 4 halaman

Kita Teruskan Bersama

Semoga perjuangan beliau dapat kita teruskan bersama,” ia mengakhiri. News Liputan6.com mengabarkan, Lieus aktivis sosial keturunan Tionghoa yang sempat menjabat Ketua Umum Partai Reformasi Tionghoa Indonesia dan DPP Angkatan Muda Pembaruan Indonesia.

Lieus Sungkharisma mengembuskan napas terakhir di RS Pondok Indah Jakarta Selatan, akibat serangan jantung. Saat ini, jenazah disemayamkan di Rumah Duka Grand Heaven di Pluit, Jakarta Utara. Sejumlah tokoh publik memberi penghormatan terakhir di sana.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.