Sukses

Deretan Artis Kondang yang Pinjam Rahim Ibu Pengganti demi Punya Momongan, dari Paris Hilton hingga Michael Jackson

Banyak pesohor Hollywood yang memilih ibu pengganti untuk melahirkan anak mereka, atas berbagai alasan.

Liputan6.com, Jakarta Paris Hilton datang dengan kabar gembira, kini ia sudah menjadi seorang ibu.

“Aku selalu bermimpi menjadi seorang ibu dan aku sungguh bahagia karena diriku dan Carter bisa saling menemukan satu sama lain. Kami sungguh bersemangat membangun keluarga bersama, dan jantung kami meledak penuh cinta untuk bayi laki-laki kami,” begitu pernyataan yang disampaikan istri Carter Reum tersebut, dilansir dari People, Rabu (25/1/2023).

Kehadiran si kecil terbilang datang dengan jalan istimewa. Ia tidak dilahirkan oleh Paris Hilton sendiri, tapi dari rahim ibu pengganti. Berbeda dengan di Indonesia, praktik meminjam rahim orang lain bukanlah hal janggal.

Bahkan banyak pesohor Hollywood yang mengambil langkah ini demi bisa menimang momongan. Alasannya beragam, dari kondisi kesehatan hingga orientasi seksual.

Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kim Kardashian - Kanye West

Kim dan Kanye memilih jalan menggunakan ibu pengganti untuk anak ketiga dan keempat mereka, Chicago dan Saint. Langkah ini diambil karena Kim mengalami kondisi placenta accreta, yang membuat kehamilan akan membahayakan nyawanya.

 

2. Khloe Kardashian dan Tristan Thomposon

Anak kedua Khloe Kardashian dan Tristan Thompson lahir saat keduanya sudah tak lagi bersama. Anak tersebut lahir pada 5 Agustus 2022. 

3 dari 6 halaman

3. Priyanka Chopra dan Nick Jonas

Priyanka Chopra dan Nick Jonas sempat diserang warganet soal ibu pengganti yang melahirkan anak pertama mereka. Dalam wawancara dengan Vogue pada Januari tahun ini, ia menjelaskan langkah ini mesti diambil karena ia mengalami komplikasi medis. 

Selain itu Malti, nama sang anak, juga diketahui lahir prematur tiga bulan sebelum waktunya. 

 

4. Sarah Jessica Parker dan Matthew Broderick

Pasangan ini telah dikaruniai anak laki-laki pada 2002, dan mencoba berbagai cara untuk memberikan si sulung adik. "Bertahun-tahun kami mencoba menambah anggota keluarga dengan beragam cara," kata aktris Sex and the City ini.

Langkah ini gagal, sampai akhirnya ia mencoba menggunakan ibu pengganti dan mendapatkan bayi kembar perempuan pada 2009.

4 dari 6 halaman

4. Angela Bassett dan Courtney B. Vance

Angela Bassett dan sang suami, Courtney B. Vance, sudah bertahun-tahun mencari cara untuk bisa memiliki keturunan, tapi gagal dan membuatnya hampir putus asa. "Semakin kami mempelajari tentang [ibu pengganti] kami makin yakin bahwa ini adalah jawaban bagi kami," kata aktris Black Panther ini dalam Oprah tahun 2007. 

 

Tahun 2006, ia dikaruniai anak kembar lelaki dan perempuan. 

 

6. Jimmy Fallon

Seperti Angela Bassett, MC kondang ini juga mencoba beragam cara untuk mendapatkan buah hati bersama istrinya, Nancy Juvonen. Akhirnya mereka dikarunia dua putri lewat ibu pengganti pada 2013 dan 2014.

 

5 dari 6 halaman

7. Michael Jackson

Anak bungsu Michael Jackson, Prince Michael II atau yang dikenal sebagai  Blanket, lahir lewat rahim ibu pengganti pada Febrari 2002. Tahun 2009, beredar kabar bahwa sang ibu pengganti adalah seorang suster asal Meksiko bernama Helena. Dokumen kelahirannya hanya menyebut nama ayah, sang King of Pop. 

 

8. Elton John

Elton John dan suaminya, David Furnish, awalnya memilih jalan adopsi anak untuk memiliki momongan, tapi pada akhirnya memilih jalan surogacy. Diwartakan People, kedua putra mereka, Zachary Jackson Levon dan Elijah Joseph Daniel lahir dari rahim ibu pengganti yang sama.

 

 

6 dari 6 halaman

9. Ricky Martin & Jwan Yosef

Ricky Martin sudah memiliki empat anak yang kehamilannya dititipkan kepada ibu pengganti, yakni dua anak kembar laki-laki, dan dua putri yang jarak lahirnya sembilan bulan. 

Dalam wawancara bersama People pada 2021, ia mengaku masih memiliki sejumlah embrio yang dibekukan bila ke depannya ingin menambah anak. 

10.   Nicole Kidman dan Keith Urban

Pasangan ini memiliki dua putri cantik, Sunday Rose yang dilahirkan oleh sang aktris, sementara Faith Margaret lahir lewat rahim ibu pengganti. Banyak orang menduga, langkah ini diambil karena ia telah berusia 43 tahun saat Faith lahir. Apalagi ia sudah pernah dua kali keguguran saat masih menjadi istri Tom Cruise. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.