Sukses

Fajar Sadboy dan Pencipta Lagu Punya Rencana untuk Bangun Masjid dari Royalti Karyanya, Tapi Malah Diklaim oleh Orang Lain

Fajar Sadboy dan juga pencipta lagunya tidak bisa menikmati hasil royalti dari lagu Ayya (Cinta Tak Selamanya Indah). Penyebabnya adalah lantaran lagu tersebut sudah diklaim oleh orang lain tanpa sepengetahuan mereka.

Liputan6.com, Jakarta Fajar Sadboy membawa kabar kurang menyenangkan dari kariernya di bidang musik. Seperti diketahui, Fajar Sadboy beberapa waktu lalu merilis sebuah karya berjudul "Ayya (Cinta Tak Selamanya Indah)".

Namun sayangnya Fajar Sadboy dan juga pencipta lagunya tidak bisa menikmati hasil royalti dari lagu tersebut. Penyebabnya adalah lantaran lagu tersebut sudah diklaim oleh orang lain tanpa sepengetahuan mereka.

Padahal, Amed Gorafu selaku pencipta lagu tersebut sama sekali tidak pernah menyerahkan hak ciptanya kepada siapa pun. Bahkan kepada Denny Cagur, ia menceritakan bahwa lagu tersebut sempat banyak yang ingin membelinya namun ia tetap bersikeras tidak akan menjualnya.

"Mau dibeli kan sama orang, saya bilang nggak. Saya banyak buat lagu, cuman lagu ini kan udah diputar di mana-mana, makanya saya bangga. Mau dibeli berapapun itu saya nggak akan jual. Itu karya saya, anak daerah, Gorontalo, yang penghargaannya sangat tinggi," kata Amed Gorafu di kanal YouTube Denny Cagur TV pada Senin (16/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membebaskan

Kendati demikian, Amed Gorafu membebaskan karyanya untuk dibawakan orang lain. Ia menyatakan tidak pernah mematok harga untuk karya lagunya dibawakan orang lain.

"Makanya orang yang mau cover, bebas, saya nggak akan (persulit). Kalau di YouTube, mau berapa-berapa, 50:50, saya kasih aja, saya nggak pernah claim semua," kata Amed Gorafu lagi.

3 dari 4 halaman

Cukup Sedekah

Hal itu juga dibuktikan di kanal YouTube miliknya yang pertama kali mengunggah lagu "Ayya (Cinta Tak Selamanya Indah)". Amed Gorafu hanya menyarankan bagi siapapun yang ingin meng-cover lagu tersebut untuk bersedekah kepada para musisi jalanan, masjid, ataupun panti asuhan.

"Yang mau Cover Lagu ini, GRATIS ‼️ note : cukup anda sedekah (sesuai keikhlasan) langsung ke anak jalanan yg butuh uluran tangan, bisa juga sedekah ke masjid atau ke panti asuhan," tulis Amed Gorafu di deskripsi video YouTube-nya.

4 dari 4 halaman

Ingin Bangun Masjid

Rupanya, hal itu juga yang akan ia dan Fajar Sadboy lakukan untuk karyanya. Mereka sudah punya rencana untuk membantu bangun masjid dari royalti lagu tersebut yang mereka dapat.

"Kita sudah niat kalau lagu ini laku, menghasilkan sesuatu, kita minimal bisa bantu-bantu untuk bangun masjid. Saya mau buat bak air wudhu untuk di masjid. Saya punya niat baik bersama teman-teman dan Fajar. Bagaimana mau bantu sedangkan lagu ini dicuri," kata Amed Gorafu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.