Sukses

Teringat Pesan Ki Joko Bodo, Sang Anak: Ayahku Adalah Pahlawanku

Di tengah duka yang melanda, ada pesan sang ayah yang selalu diingat Ayda Prasasti, putri sulung Ki Joko Bodo.

Liputan6.com, Jakarta - Duka mendalam menyelimuti Daimah, istri Ki Joko Bodo, dan buah hati mereka. Ki Joko Bodo telah berpulang ke pangkuan Sang Pencipta pada Selasa (22/11/2022) lantaran sakit yang diidapnya sejak lama.

Di tengah duka yang mendera, ada pesan sang ayah yang selalu diingat Ayda Prasasti, putri sulung Ki Joko Bodo. Almarhum selalu berpesan agar anak-anaknya tidak pernah meninggalkan kewajiban salat.

"Jangan lupa untuk selalu salat, jadi orang yang baik. Ayahku adalah pahlawanku," ujar Ayda Prasasti di Kawasan Lubang Buaya, Jakarta Timur, Selasa (22/11/2022).

Putra kedua Ki Joko Bodo, Refo, menambahkan, sang ayah merupakan pribadi yang pekerja keras dan sayang dengan keluarga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sosok Penyayang Keluarga

Dalam mengajarkan anak, almarhum lebih sering mencontohkan ketimbang menyuruh.

"Ya, ayah sosok yang penyayang, lebih banyak bertindak daripada berbicara. Dia sosok yang pekerja keras juga, sayang sama anak, sayang sama keluarga," kata Refo.

 

 

3 dari 4 halaman

Firasat Anak

Ayda melanjutkan, dirinya sempat mendapat firasat akan kepergian Ki Joko Bodo. Ia mengaku sempat bermimpi tentang ayahnya yang berpamitan pergi untuk selamanya.

"Semalam itu aku sudah mimpi ayah sudah enggak ada ya, tapi aku bilang jangan sekarang. Eh besoknya ternyata benaran," ungkap Ayda.

4 dari 4 halaman

Alasan Hijrah

Ayda tak dapat menjelaskan secara rinci saat disinggung alasan Ki Joko Bodo hijrah. Menurut Ayda, hal itu sudah menjadi keinginan almarhum untuk menjadi pribadi lebih baik lagi setiap harinya.

"Kalau itu hal yang enggak bisa aku jelaskan, ya. Kan hijrah juga kemauan dalam dirinya sendiri. Beliau juga bilang kalau setiap hari itu manusia itu hijrah ke arah yang lebih baik," pungkas Ayda. (Liputan6.com/M. Altaf Jauhar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.