Sukses

Mengaku Idap Bipolar, 5 Artis Indonesia Termasuk Marshanda Spill Blak-Blakan

Liputan6.com, Jakarta Isu kesehatan mental masih menjadi salah satu pembahasan yang menarik di kalangan masyarakat. Pasalnya sejumlah figur publik rupanya mengaku sempat mengalami permasalahan mental. Misalnya saja Marshanda yang diketahui mengidap gangguan bipolar.

Marshanda sudah cukup lama mengakui dirinya Bipolar hingga pernah melontarkan curahan hatinya melalui sejumlah video dan unggahan di media sosial. Rupanya, Marshanda tak sendirian menjadi artis yang mengidap bipolar. Beberapa nama juga mengalaminya.

Perubahan emosi yang sangat drastis menjadi salah satu gejala yang dialami oleh seorang pengidap gangguan bipolar, dari mania (perasaan sangat senang) menjadi depresi (sangat terpuruk), begitupun sebaliknya. Pada kasus tertentu, perasaan emosi dapat terjadi tanpa adanya fase normal dan dapat berlangsung selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan.

Lantas, termasuk Marshanda, siapa saja para artis di Indonesia yang juga melontarkan pengakuannya sedang mengidap bipolar? Berikut deretan nama-namanya yang kami rangkum dari berbagai sumber.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

1. Marshanda

Sebelum memasuki deretan artis lain, terlebih dahulu kita membahas lebih lanjut mengenai bipolar yang diidap Marshanda.

Marshanda didiagnosis mengidap bipolar sejak tahun 2009. Awalnya, tak mudah baginya untuk menerima bahwa dirinya mengidap penyakit mental tersebut.

Hingga akhirnya, Marshanda memilih pasrah dan berdamai dengan penyakitnya. Selaint itu, ia juga rela mengonsumsi obat-obatan setiap hari agar penyakitnya tak makin parah.

3 dari 7 halaman

2. Rachel Vennya

Rachel Vennya mengaku didiagnosis mengidap bipolar pada tahun 2020 lalu. Disampaikannya melalui kanal YouTube, Rachel mengaku sudah bersikap emosional sejak masih kecil.

Bahkan ketika sedang marah, Rachel mengaku langsung pergi ke luar rumah secara tiba-tiba sambil menangis. Bahkan, ia juga mengaku kerap menyakiti diri sendiri.

Kondisi Rachel Vennya pun perlahan membaik setelah ia berkonsultasi secara rutin dan bisa berdamai dengan penyakit mentalnya.

4 dari 7 halaman

3. Medina Zein

Medina Zein yang saat ini sedang menjalani masa hukuman enam bulan penjara atas kasus pencemaran nama baik dan pengancaman, juga menambahh dereta selebriti yang berjuang melawan bipolar.

Sudah lebih dari dua tahun Medina Zein mengidap bipolar, namun ia mengaku pada tahun lalu masih belum mendapatkan hasil yang berarti untuk kesehatan mentalnya. 

Dalam sebuah pernyataan pada tahun lalu, Medina mengaku sudah berkonsultasi dengan psikiater selama dua minggu sekali sambil mengonsumsi obat yang dosisnya kadang tinggi atau rendah.

"Selama ini aku benar-benar enggak bisa lepas dari obat tersebut karena kalau obatnya habis bisa memperparah fase depresi aku atau fase manik aku," ujarnya kala itu, melansir Merdeka.com.

Setelah tak kuat dengan obat-obatan, Medina mengikuti saran dokternya untuk terbang ke AS dalam rangka melakukan terapi.

5 dari 7 halaman

4. Awkarin

Selebgram Awkarin juga pernah mengaku sebagai pengidap bipolar. Hal itu disampaikannya dalam sebuah tanya jawab di salah satu kanal YouTube.

Awkarin bahkan mengaku bahwa pada satu fase ia sempat menyakiti dirinya bahkan terpikir untuk mengakhiri hidupnya sendiri. Namun segala cara itu digagalkan oleh pihak keamanan di rumahnya.

Sempat mengalami gejala-gejala bipolar yang membuatnya sulit tidur, Awkarin pun menemui psikolog hingga empat kali agar kondisi mentalnya tetap terjaga.

Pada tahap terakhir, Awkarin pun didiagonsa mengidap mild bipolar atau bipolar ringan. Sekarang, ia merasa kondisi mentalnya sudah membaik.

6 dari 7 halaman

5. Atiek CB

Penyanyi senior Atiek CB sempat mengakui adanya gangguan mental yang berasal dari faktor keturunan. Bahkan, ia mengaku bahwa setiap harinya selalu merasakan mood yang naik turun secara drastis.

Mantan istri Ronny Sianturi ini memang tak mengaku pernah memeriksakan kondisi mentalnya secara langsung. Namun begitu anaknya memiliki gejala serupa, ia pun memeriksanya hingga diketahuilah buah hatinya mengidap bipolar tipe satu.

Wanita yang kini berusia 59 tahun ini pun mengakui bahwa kegiatan bernyanyi bisa membuatnya merasakan kondisi mental yang lebih baik.

7 dari 7 halaman

6. Aida Saskia

Penyanyi dangdut Aida Saskia diketahui sedang berjuang melawan kanker yang dideritanya. Aida divonis mengidap kanker payudara stadium 3 sejak 2021 lalu.

Saat ini, ia sudah menjalani rangkaian kemoterapi untuk melawan kanker. Namun di tengah masa pengobatan itu, Aida Saskia mengungkap hal yang memilukan. Ia mengaku sebagai pengidap bipolar.

"Orang yang divonis bipolar itu malah dikucilkan, makanya aku berusaha untuk selalu terlihat kuat, tegar, di depan semuanya, supaya aku nggak dijudge dengan hal-hal yang miring," kata Aida Saskia sambil nangis terisak, dalam sebuah video yang viral diunggah di akun-akun gosip di Instagram.

"Aku takut orang-orang terdekatku, anak-anakku, minder punya seorang ibu yang mengidap bipolar bahkan penyakitan kayak aku," kata Aida Saskia lagi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS