Sukses

James Earl Jones Pensiun Jadi Pengisi Suara Darth Vader Setelah 40 Tahun, Diganti Teknologi

Liputan6.com, Jakarta Penggemar film, terutama saga Star Wars, pasti hafal betul dengan suara ikonis Darth Vader yang disuarakan oleh James Earl Jones. Namun ia dikabarkan sudah pensiun dari peran ini.

Dilansir dari Variety, Senin (26/9/2022), Vanity Fair mewartakan bahwa aktor 91 tahun ini telah mengizinkan rekaman suaranya diarsipkan untuk digunakan sineas pada masa mendatang.

Nantinya, teknologi artificial intelligence alias AI akan digunakan untuk membuat kembali suara  yang bisa digunakan untuk proyek Lucasfilm pada masa mendatang—termasuk suara saat ia berusia lebih muda.

“Ia (James Earl Jones) menyatakan bahwa ia mencari cara untuk pelan-pelan mundur dari karakter ini," kata Matthew Wood yang telah bergabung dengan Lucasfilm selama 32 tahun.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Startup Asal Ukraina

Respeecher, perusahaan startup Ukraina, digandeng untuk membuat percakapan baru dari rekaman suara lama yang direvitalisasi melalui teknologi AI.

Ini bukan kerja sama pertama Lucasfilm dengan Respeecher. Keduanya pernah berkolaborasi dalam The Book of Boba Fett. Di serial ini, mereka membuat kembali suara Luke Skywalker masa muda.

Keduanya juga bekerja sama dalam serial Obi-Wan Kenobi untuk suara Darth Vader.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Tentang Memandu

Meskipun telah mundur, tapi James Earl Jones tetap memberikan panduan untuk menyuarakan Darth Vader. Yang teranyar, ia melakukannya dalam serial Obi-Wan Kenobi. Matthew Wood menyebut James Earl Jones seperti ayah baptis yang baik hati.

People mencoba menghubungi perwakilan James Earl Jones untuk mengonfirmasi kabar ini, tapi tidak mendapat hasil.

 

4 dari 4 halaman

Dialog Ikonis

James Earl Jones sendiri telah menjadi pengisi suara untuk Darth Vader sejak film pertama Star Wars dirilis pada 1977. Ia memang tak pernah mengenakan jubah dan helm hitam-hitam khas tokoh ini.

Namun suaranyalah yang didengar penonton, termasuk dalam dialog ikonis: “I’m your father.”

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.