Sukses

Reaksi Pangeran Harry Dilarang Pakai Seragam Militer Saat Beri Penghormatan untuk Mendiang Ratu Elizabeth II

Dengan tegas Pangeran Harry menyebutkan bahwa masalah seragam militer bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam suasana duka meninggalnya Ratu Elizabeth II, Pangeran Harry masih dihantui gosip yang beredar di publik. Paling baru, adalah pakaian yang dikenakan suami Meghan Markle ini dalam seremoni resmi terkait meninggalnya sang nenek.

Seperti diketahui, adik Pangeran William tersebut tidak diperkenankan mengenakan seragam militer saat menghadiri acara seperti ini. Pasalnya, ia memang telah mundur sebagai anggota kerajaan aktif.

Tak ingin gosip terus menerus "digoreng", Pangeran Harry langsung buka suara soal ini lewat juru bicaranya.

“Pangeran Harry Sang Duke of Sussex akan mengenakan pakaian berkabung selama event yang digelar untuk menghormati sang nenek,” begitu pernyataan sang juru bicara, dilansir dari E! News, Rabu (14/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Diukur lewat Seragam

Dengan tegas Pangeran Harry menyebutkan bahwa masalah seragam militer bukanlah hal yang perlu dibesar-besarkan.

“Tugas dinas militernya selama sekian dekade tidak diukur lewat seragam yang ia kenakan dan dengan hormat kami meminta agar fokus tetap berada di kehidupan dan warisan yang ditinggalkan Yang Mulia Ratu Elizabeth II,” begitu isi pernyataannya.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Pangeran Andrew Boleh Pakai

Seperti diketahui, Pangeran Harry tidak diperkenankan mengenakan seragam militer dalam lima seremoni tradisional jelang pemakaman sang Ratu Inggris. Hal ini termasuk upacara terakhir di Westminster Hall.

Hal ini telah dikonfirmasi Istana Buckingham pada Senin lalu, bahwa hanya anggota kerajaan aktif yang memiliki pangkat militer yang akan mengenakan seragam militer.

Sebagai perbandingan, Pangeran Andrew yang juga merupakan anggota kerajaan non-aktif diperkenankan mengenakan seragam militer pada upacara terakhir, sebagai bentuk penghormatan kepada ibunda dan juga sang Ratu.

4 dari 4 halaman

Karier Kemiliteran Pangeran Harry

Seperti diketahui, Pangeran Harry bertugas di kemiliteran Inggris selama 10 tahun. Ia bahkan sempat ditugaskan ke Afghanistan sebanyak dua kali dan memegang tiga pangkat kehormatan, Captain General of the Royal Marines, Honorary Air Commandant of RAF Honington, dan Commodore-in-Chief, Small Ships and Diving, Royal Naval Command.

Hanya saja, ketiga pangkat kehormatan ini dicabut saat ia dan Meghan Markle mundur dari peran anggota keluarga senior pada 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.