Sukses

Raffi Ahmad dan Andre Taulany Akan Dilaporkan Firdaus Oiwobo atas Julukan Sultan yang Selama Ini Disematkan Kepada Mereka

Firdaus Oiwobo mengaku mendapat mandat panglima Sultan dari para sultan di Indonesia untuk memberikan tegurankepada para artis dan pengusaha yang selama ini mendapat julukan sultan.

Liputan6.com, Jakarta Pengacara persatuan dukun, Firdaus Oiwobo memberikan teguran kepada para artis dan pengusaha yang selama ini mendapat julukan sultan. Salah satunya adalah Raffi Ahmad yang dikenal sebagai Sultan Andara, dan juga Andre Taulany sebagai Sultan Bintaro.

Firdaus Oiwobo mengaku mendapat mandat panglima Sultan dari para sultan di Indonesia untuk memberikan teguran tersebut kepada mereka yang telah disebutkan sebelumnya. Video teguran tersebut viral di beberapa media sosial dan diunggah ulang oleh akun-akun gosip di Instagram dan TikTok.

"Program saya sebagai panglima juga, panglima kesultanan, diminta oleh para sultan-sultan yang ada di Indonesia untuk menegur pemuda-pemuda atau pengusaha yang sekarang ini gemar, dikit-dikit, pakai nama sultan," kata Firdaus, mengutip video unggahan Instagram @lambenyinyir_official, Kamis (8/9/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Proses Hukum

Firdaus Oiwobo menyatakan akan menanyakan langsung kepada Raffi dan Andre Taulany atas gelar Sultan yang selama ini disematkan kepadanya mereka. Tak hanya menegur, bahkan Firdaus Oiwobo menyebut bahwa ada kemungkinan ia akan membawa masalah ini ke jalur hukum.

"Itu akan kami tegur atau mungkin akan kami proses hukum. Untuk Sultan Andara ya, Raffi tuh, anda sultan dari mana asalnya kita tanyakan? Termasuk Sultan Bintaro tuh si Andre Taulany, anda sultannya dari mana gelarnya, akan kita tanya," sambugnnya lagi.

 

3 dari 4 halaman

Tak Berani

Ia kemudian membandingkan dirinya yang memang memiliki garis keturunan seorang Sultan saja tidak mau sembarangan menyebut dirinya sultan.

"Sementara saya aja, cicit kandungnya sultan, tidak berani ngaku sultan sebenarnya. Walaupun saya sudah punya gelar tersendiri," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Sementara itu, pernyataan Firdaus Oiwobo itu ditanggapi negatif oleh warganet. Di kolom komentar, banyak yang membela Raffi Ahmad dan Andre Taulany.

"Yang bilang sultan netizen bukan mreka lebay luu," tulis @svetlancheva.

"Padahal netizen yg nobatin kata sultan. Dia mah kaga 😂," timpal @ayu_alf.

"Yg ngakuin sultam bukan artisnya keleus. Tp netijennya keknyaa dehh," tambah @svetlancheva.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.