Sukses

Alasan Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Rizky Billar Batal Berangkat Haji Tahun Ini

Liputan6.com, Jakarta - Gus Miftah sempat menyampaikan bahwa beberapa influencer Tanah Air mendapatkan undangan untuk naik Haji. Oleh karena itu, Gus Miftah berencana untuk membawa beberapa artis dengan follower terbanyak untuk ikut menunaikan ibadah haji.

Beberapa nama yang akan diboyong ke Tanah Suci di antaranya Deddy Corbuzier, Raffi Ahmad, dan Rizky Billar. Akan tetapi, Gus Miftah menyampaikan bahwa Deddy Corbuzier tak jadi menunaikan ibadah haji.

Gus Miftah menyebut alasan dari sahabatnya itu yang tak jadi berangkat haji. Kala itu Deddy rupanya memang belum berkenan karena sibuk urus pernikahan dan belum siap secara psikologis.

"Jadi kita klarifikasi ya, Mas Deddy dari awal beliau nggak berkenan karena waktu itu masih sibuk urus pernikahan dan lain-lain. Dan, secara psikologis beliau belum siap," ungkap Gus Miftah, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jadwal Padat

Selain Deddy Corbuzier, dua nama lain yakni Raffi Ahmad dan Rizky Billar pun juga batal pergi haji karena harus mengatur jadwal. Oleh karena itu, Gus Miftah pun tak mempermasalahkan karena ibadah haji bukan untuk orang yang mampu, melainkan untuk orang yang terpanggil.

"Kemudian, si Rizky dan Raffi. Raffi dari awal sudah bilang, pas visa turun Raffi bilang, 'Bro gue nggak bisa nih berangkat karena gue harus atur jadwal.' Demikian juga Rizky Billar, dia tanggal 12 harus syuting iklan," ujarnya.

"Terus apalagi isunya visa belum kelar semua. Makanya waktu itu, kalau saya kan gini, haji itu kan panggilan. Allah tidak memanggil orang yang mampu, tapi Allah memanggil orang yang terpanggil," lanjutnya.

 

3 dari 4 halaman

Alasan Deddy Corbuzier

Sementara itu, untuk Deddy Corbuzier sendiri Gus Miftah memahami tentang sikap idealisnya karena menurutnya Deddy tak ingin ibadahnya disponsori atau dibayar orang lain. Apa lagi Gus Miftah paham bahwa sahabatnya itu adalah orang yang perfeksionis dan tak mau urusan ibadah dilakukan setengah-setengah.

"Mas Deddy itu sahabat kita yang sangat idealis, kita pernah dikasih dua undangan, salah satunya haji furoda dari salah satu travel top. Beliau bilang, 'Bro masa sih kita ibadah harus repotin orang, dibayar macam-macam.' Kalau bisa bayar sendiri. Secara agama memang kita selalu bimbing beliau kalau tahun ini kita belum bisa haji bareng please cari waktu kita umrah bareng. Kita tahu dia adalah orang yang perfeksionis, jangan sampai ibadahnya separuh-separuh," papar Gus Miftah.

 

4 dari 4 halaman

Raffi Ajak Tahun Depan

Untuk Raffi Ahmad sendiri, ia merasa tak bisa memaksakan diri pergi haji tahun ini. Karena Raffi justru mengajak Gus Miftah untuk berangkat haji tahun depan bila tak ada hambatan.

"Jadi kalau Raffi, 'Bro kita jalan tahun depan. Gue yang bayarin deh sama istri.' Tahun ini nggak bisa dipaksakan. Tapi, kembali lagi haji tak bisa dipaksakan karena bagaimanapun ini panggilan Allah SWT. Kemungkinan Raffi nggak berangkat, Rizky Billar juga masih ragu. Qadarullah semua punya kesibukan masing-masing. Saya ngomong sama Ambassador kondisinya seperti itu. Kita mohon maaf," pungkasnya.