Sukses

Sejarah Baru, Song Kang Ho Menang Aktor Terbaik di Cannes Film Festival 2022 untuk Film Broker

Liputan6.com, Jakarta - Song Kang Ho baru saja membuat sejarah baru di industri film Korea dalam ajang bergengsi Cannes Film Festival 2022. Song Kang Ho berhasil merebut piala Aktor Terbaik untuk perannya dalam film Broker.

Cannes Film Festival 2022 dilangsungkan pada Sabtu (28/5/2022) waktu setempat. Song Kang Ho adalah aktor Korea pertama yang menang dalam festival film bersejarah ini.

Sebelumnya, Jeon Do Yeon adalah bintang Korea pertama yang mendapatkan penghargaan pada 2007. Saat itu, dia memenangkan Aktris Terbaik untuk penampilan emosionalnya dalam Secret Sunshine. Film tersebut juga kebetulan juga dibintangi Song Kang Ho.

Mengulur kembali ke belakang, Song Kang Ho juga merupakan salah satu bintang Parasite yang kala itu menjadi film Korea pertama yang memenangkan Palme d'Or-hadiah utama Festival Film Cannes—pada tahun 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jadi Juri

Tahun lalu, aktor berusia 55 tahun ini juga menoreh sejarah lain dengan menjadi aktor pria Korea pertama yang menjadi juri di Festival Film Cannes ke-74 yang diselenggarakan tahun lalu.

Melansir dari Soompi, selain Song Kang Ho, Park Chan Wook juga menyabet piala Sutradara Terbaik untuk film Decision to Leave. Dia menjadi sutradara Korea kedua dalam sejarah Cannes yang memenangkan penghargaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Park Chan Wook

Orang Korea pertama yang memenangkan Sutradara Terbaik di Festival Film Cannes adalah Im Kwon Taek. Dia membawa pulang penghargaan itu 20 tahun yang lalu untuk film sejarahnya Chihwaseon.

Sebelumnya, karya Park Chan Wook juga sudah memenangkan penghargaan di Cannes. Film ikoniknya Oldboy memenangkan Grand Prix di Festival Film Cannes pada 2003, sementara filmnya Thirst memenangkan Jury Prize pada 2009.

4 dari 4 halaman

Trending

Sementara itu, nama Song Kang Ho naik ke jajaran trending topic di Twitter berkat kemenangannya. Warganet mengucapkan selamat untuk kedua sineas.

"And this is why he deserves the Best Actor award. Congrats Song Kang Ho!" kata salah satu warganet.

"Congratulations Park Chanwook for winning Best Director for #DecisionToLeave & Song Kang Ho for winning Best Actor for #BrokerFilm at the #Cannes2022," tambah yang lainnya.