Sukses

Pendiri Depeche Mode Andy Fletcher Meninggal Dunia Usia 60 Tahun

Liputan6.com, Jakarta Andy Fletcher, pendiri dan pemain keyboard dari grup Depeche Mode, kini telah kembali ke hadapan Sang Pencipta. Dilansir dari E! News, Jumat (27/5/2022), kabar bahwa Andy Fletcher meninggal dunia pada usia 60 tahun diungkap oleh rekan satu bandnya pada Kamis kemarin via media sosial.

"Kami kaget dan dipenuhi dengan kesedihan tak terhingga dengan meninggalnya teman terkasih, keluarga, dan anggota band kami 'Fletch' Fletcher," begitu pernyataan pihak band asal Inggris ini di Twitter dan Instagram.

Dilanjutkan, "Fletch adalah sosok berhati emas yang selalu ada bila engkau membutuhkan dukungan, perbincangan yang begitu hidup, tawa yang membahana, atau minum minuman dingin bersama. Hati kami bersama keluarganya, dan kami meminta pengertian Anda untuk menghormati privasi mereka dalam masa yang sulit ini."

Hanya saja, penyebab meninggalnya Andy Fletcher tidak diungkap dalam unggahan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Belasungkawa dari Member The Cure

Pengumuman dari Depeche Mode ini langsung disambut dengan pernyataan belasungkawa dari para musikus dunia. Salah satunya adalah Lol Tolhurst, pendiri band besar The Cure. 

"Saya mengenal Andy dan menganggapnya sebagai teman. Kami melewati banyak jalan yang sama saat masih muda" tulis Lol Tolhurst, via Twitter. 

Ia menambahkan, "Hatiku bersama dengan keluarga, rekan satu band, dan penggemarnya. RIP Fletch."

3 dari 4 halaman

Dukacita Pet Shop Boys

Hal serupa juga diungkap oleh duo Pet Shop Boys. "Kami terkejut dan berduka mendengar Andy Fletcher dari Depeche Mode telah meninggal dunia," cuit mereka dalam akun resminya.

Ditambahkan, "Fletch adalah sosok yang hangat, ramah, dan lucu, yang sangat menyukai musik electronic dan bisa memberikan saran mengenai industri musik."

4 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Depeche Mode didirikan oleh Andy Fletcher bersama tiga rekannya yang lain, yakni Dave Gahan, Martin Gore, dan Vince Clarke, sejak tahun 1980. Sudah lebih dari empat dekade ia menempati posisi sebagai pemain keyboard dalam band ini, termasuk dalam LP terbaru mereka, Spirit (2017). 

Sepanjang kariernya, Depeche Mode telah mendapat lima nominasi Grammy Awards, hanya saja belum berhasil membawa pulang piala berbentuk gramofon ini.