Sukses

Deddy Corbuzier Beri Penjelasan soal Baru Jadi Mualaf Setelah Bercerai dari Kalina Oktarani

Deddy Corbuzier sudah tiga tahun belakangan ini menjadi mualaf.

Liputan6.com, Jakarta - Deddy Corbuzier sudah tiga tahun belakangan ini menjadi mualaf. Ia mengucapkan dua kalimat syahadat di Pesantren Ora Aji, Yogyakarta pada 21 Juni 2019. Selama perjalanannya memeluk agama Islam, ayah Azka Corbuzier dibantu dan dibimbing oleh Gus Miftah.

Keputusan menjadi mualaf dilakukan Deddy setelah dirinya bercerai dengan Kalina Ocktaranny. Padahal saat masih membina rumah tangga, Kalina beragama Islam sedangkan Deddy tidak.

Pemilik podcast Close The Door ini menjelaskan, dirinya sudah lama mempelajari tentang Islam. Namun hatinya baru terketuk sekitar tiga tahun lalu dan akhirnya memutuskan menjadi mualaf.

"Pada saat itu memang saya belum mendalami banget. Saya mendalami sekitar 7 atau 8 tahun which is pada saat saya cerai," terang Deddy Corbuzier dikutip dari kanal YouTube STARPO Indonesia, Kamis (26/5/2022). 

"Tapi pada saat nikah pun saya deket sama Aa Gym, jadi kalau Aa Gym dakwah segala macem, saya datang," sambungnya lagi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan menjadi alasan utama mengapa Deddy memutuskan menjadi maualaf. Apalagi orang-orang didekatnya hampir semua memeluk agama Islam, meski tak semuanya memiliki kepribadian yang baik.

"Pertama lingkungan saya 90 persen agamanya Muslim dan lingkungan saya yang Muslim ini adalah Muslim yang baik, yang jelek adalah oknum," tuturnya.

3 dari 4 halaman

Warisan

Di agama sebelumnya, Deddy mengaku hanya mengikuti kedua orangtuanya. Berbeda dengan agama Islam yang dipilih bedasarkan hati nuraninya setelah mendalami dan mempelajarinya selama 8 tahun.

"Agama saya sebelumnya adalah agama yang diwariskan, bukan agama pilihan saya. Saya sekarang memilih agama saya bukan diwariskan," ucap Deddy Corbuzier.

4 dari 4 halaman

Mualaf

Deddy sempat dikabarkan menjadi mualaf karena ingin menikahi kekasihnya Sabrina Chairunnisa, yang merupakan seorang Muslimah. Namun anggapan itu langsung ditepis oleh Deddy.

"Cemen amat, masa pindah agama cuma buat nikah," tutur Deddy Corbuzier.

Setelah Deddy, kabarnya Azka Corbuzier juga akan menjadi mualaf seperti yang diungkapkan oleh Gus Miftah beberapa waktu lalu. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.