Sukses

NCT 127 Tetap Manggung di Jepang Meskipun Taeil Dinyatakan Positif COVID-19

Liputan6.com, Jakarta NCT 127 sedang dilanda kabar tak menyenangkan. Salah satu personel grup idol K-Pop tersebut, Taeil, dinyatakan positif COVID-19 setelah seluruh personel dan tim menjalani tes setibanya di Negeri Sakura, melansir Soompi, Jumat (20/5/2022).

Pihak SM Entertainment pun membenarkan kondisi yang dialami Taeil NCT 127. Disampaikan juga bahwa tes COVID-19 tersebut mereka jalani pada Rabu (18/5/2022). Lantaran statusnya itu, Taeil pun harus mengasingkan diri untuk karantina.

Selama di Jepang, NCT 127 rencananya akan menggelar konsernya di Nagoya. Setelah Taeil tak bisa tampil di atas panggung karena harus mengikuti peraturan setempat, banyak yang bertanya-tanya apakah konser NCT 127 di Jepang akan batal.

Nyatanya, karena delapan personel NCT 127 yang lain dinyatakan negatif COVID-19, maka mereka pun diizinkan untuk menghibur para penggemar di atas panggung begitu syarat untuk menjalani karantina telah dicabut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Konser Bertema Valentin Dome

Konser NCT 127 di Nagoya, Jepang akan tetap berlangsung pada 22 Mei mendatang dengan tema Valentin Dome. SM Entertainment mengonfirmasi seputar konser rencana tersebut.

"Kami memberitahu kalian tentang kabar bahwa Taeil tidak akan berpartisipasi dalam konser Valentin Dome Nagoya dari tur dunia kedua NCT 127 “Neo City : Japan – The Link” yang akan diadakan pada 22 Mei mendatang," sebut pihak SM Entertainment.

Selanjutnya, mereka menjelaskan perihal kronologi Taeil sampai dinyatakan positif COVID-19 yang di luar dugaan memiliki proses yang amat panjang dan rumit.

 

3 dari 4 halaman

Kronologi Taeil NCT 127 Positif

"Untuk berpartisipasi dalam kegiatan yang dijadwalkan di Jepang, Taeil menjalani tes PCR (untuk COVID-19), dan setelah dites negatif, ia meninggalkan Korea ke Jepang pada 15 Mei 2022," terang manajemen tersebut.

"Setelah tiba di Jepang, ia melakukan isolasi mandiri selama tiga hari sesuai dengan peraturan setempat terkait COVID-19. Pada 18 Mei 2022, ia kembali menjalani tes PCR untuk mempersingkat masa karantina, dan hasil tesnya kembali positif," sambungnya.

"Taeil sebelumnya menerima tiga dosis vaksin COVID-19, dan ia saat ini tidak menunjukkan gejala tertentu. Sesuai dengan peraturan setempat, ia kini menjalani perawatan di isolasi mandiri," tambah mereka.

 

4 dari 4 halaman

Hanya 8 Personel

Kepastian NCT 127 akan tampil namun hanya dengan delapan orang personel pun turut disampaikan di sini.

"Semua anggota NCT 127 lainnya selain Taeil telah dites negatif untuk COVID-19, dan karena mereka tidak diklasifikasikan oleh otoritas kesehatan Jepang sebagai pelaku kontak dekat setelah 16 Mei 2022, karantina mereka telah dicabut," jelas pihak SM.

"Oleh karena itu, kami meminta pengertian dari para penggemar mengenai fakta bahwa konser Valentin Dome 22 Mei 2022 di Nagoya akan diadakan dengan hanya delapan anggota: Johnny, Taeyong, Yuta, Doyoung, Jaehyun, Jungwoo, Mark, dan Haechan," lanjut mereka.

Pihak agensi pun menegaskan bahwa kesehatan dan keselamatan artis mereka adalah prioritas utama yang harus diperjuangkan.

Sehingga mereka membiarkan Taeil berfokus pada pemulihannya. Mereka juga berjanji akan selalu mematuhi permintaan dan pedoman dari otoritas kesehatan pemerintah Jepang.