Sukses

Hari Anak Korea Dirayakan IU dengan Terpuji, Rogoh Kocek Miliaran Rupiah demi Bantu Sesama

IU memang dikenal rajin berdonasi, terutama dalam momen Hari Anak.

Liputan6.com, Seoul - Hari Anak di Korea Selatan baru saja dirayakan pada Kamis (5/5/2022), dan ikut dirayakan oleh penyanyi IU. Ia melakukan selebrasi bukan sekadar dengan membagikan foto masa kecilnya, tapi juga berbagi dengan sesama.

Dilansir dari Allkpop, media Korea Selatan News 1 mengabarkan pada tahun ini IU merayakan Hari Anak ke-100 dengan berdonasi sebesar 100 juta won. Bila dikonversikan dalam rupiah, angkanya mencapai Rp 1,1 miliar.

Dana dari wanita bernama asli Lee Ji Eun tersebut akan digunakan untuk banyak hal yang berkaitan dengan anak-anak. Mulai dari mendukung biaya hidup keluarga dengan orangtua tunggal, anak-anak yang dibesarkan oleh kakek-neneknya, dan juga biaya renovasi untuk fasilitas pendukung anak.

Pelantun "Celebrity" ini memang dikenal sangat dermawan. Sejak 2015, setiap tahun ia selalu berdonasi, terutama dalam momen Hari Anak.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bantu Beragam Kalangan

Selain donasi ini, IU diberitakan juga dipilih sebagai ikon kebaikan hati sejak debutnya pada 2008. Ini karena ia secara konsisten memberikan bantuan untuk mereka yang membutuhkan. Uluran tangannya pun tak terbatas hanya untuk kalangan tertentu.

Ia memberikan bantuan terkait pandemi Covid-19, korban yang terdampak banjir dan kebakaran hutan, hingga keluarga dengan ekonomi lemah. Jumlah yang ia keluarkan tiap kali berdonasi pun terbilang sangat besar.

3 dari 4 halaman

Ratusan Juta Won

Desember 2021, misalnya, ia menyumbang 200 juta won, atau sekitar Rp 2,4 miliar. Diwartakan Soompi, setengah donasi ini diberikan kepada penderita kanker, dan sisanya untuk anak-anak dari keluarga berpendapatan rendah.

Pada tahun yang sama, ia juga merogoh kocek 500 juta won saat ultah pada bulan Mei untuk amal. September 2021, ia juga bekerja sama dengan sejumlah brand, dan berhasil mengumpulkan 850 juta won untuk kegiatan filantropi. 

4 dari 4 halaman

Bintangi Broker

IU sendiri baru-baru ini menarik perhatian lewat film barunya yang akan rilis, Broker. Diwartakan Soompi, ini adalah film Korea pertama yang dibuat oleh sutradara Jeang Koreeda Hirokazu, pemenang Palme d’Or di Festival Film Cannes 2018. Tahun ini, Broker juga akan diikutkan dalam ajang serupa. 

Film ini mengisahkan tentang "boks bayi" yang dipasang sebagai tempat untuk menampung bayi-bayi dari orangtua yang tak mampu membesarkan anaknya. Bayi ini dititipkan dan dilepas oleh orangtua yang tak mengungkap siapa jati diri mereka. Aktor senior Song Kang Ho dan Kang Dong Won berperan sebagai broker alias makelar yang mengaku punya tujuan mulia.

Sementara IU berperan sebagai So Young, ibu muda yang terseret perjalanan kedua makelar ini. Aktris kondang Bae Doona dan juga Lee Joo Young memerankan karakter detektif yang memburu duo broker tersebut.

Broker bakal dirilis di bioskop pada 8 Juni 2022. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.