Sukses

6 Fakta Akad Nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo, Dihadiri Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin

Kebahagiaan tengah dirasakan keluarga besar Putri Tanjung.

Liputan6.com, Jakarta - Putri Tanjung kini telah sah menjadi istri Guinandra Jatikusumo. Keduanya baru saja menggelar akad nikah yang berlangsung di kediaman pengusaha Chairul Tanjung di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/3/2022). 

Putri Tanjung menikah dengan Guinandra melalui prosesi akad yang berlangsung sekira pukul 09.00 WIB. Dekorasi bernuansa adat Jawa Tengah membalut suasana bahagia pasangan Putri Tanjung dan Guinandra. Melalui monitor televisi yang dipersiapkan keluarga untuk para tamu undangan, tampak Putri Tanjung dan Guinandra diserang rasa gugup jelang ijab kabul.

Dari layar monitor pula, terdengar sayup-sayup suara pembacaan Alquran yang membuat suasana akad nikah pasangan yang lebih dulu menggelar lamaran pada 5 Maret 2022 ini terasa lebih khidmat dan bersahaja.

Berikut, 6 fakta akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra Jatikusumo yang dirangkum Liputan6.com pada Minggu (20/3/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Kental Adat Jawa

Acara akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra menggunakan nuansa Jawa yang kental. Setelah akad, rangkaian upacara adat Panggih menyusul. Upacara tersebut terdiri dari melempar sirih, menginjak telur, mencuci kaki mempelai pria, suap-suapan hingga bubak kawah.

3 dari 7 halaman

2. Diunggah Bubah Alfian

Bubah Alfian, perias wajah yang juga make up artis pernikahan Putri Tanjung, mengunggah aktifitas akad nikah putri pengusaha Chairul Tanjung dengan Guinandra. Melalui fitur Instagram Stories, Bubah menampilkan detik-detik Putri Tanjung memasuki ruangan akad nikah bersama Guinandra.

 

4 dari 7 halaman

3. Tamu Undangan Menyimak dari Monitor Televisi

Dalam unggahan Instagram Stories yang dibagikan Bubah, tampak tamu undangan hanya bisa menyaksikan prosesi akad nikah Putri Tanjung dan Guinandra melalui layar monitor televisi yang disiapkan pihak keluarga.

Sedangkan, Guinandra atau yang akrab disapa Andra, telah menunggu pujaan hatinya. Pasangan ini melangsungkan pernikahan dalam balutan busana pengantin adat Solo dan mengenakan masker.

5 dari 7 halaman

4. Busana Adat Jawa

Putri Tanjung tampil anggun dalam balutan kebaya bernuansa gading, kain angking bernuansa merah marun, serta kain batik. Riasan Putri Tanjung turut disempurnakan dengan paes dan ronce melati.

Sedangkan Guinandra mengenakan beskap bernuansa senada dengan Putri Tanjung, memakai blangkon dan kain batik.

6 dari 7 halaman

5. Presiden Jokowi dan SBY Jadi Saksi Nikah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono turut hadir dan didaulat sebagai saksi nikah Putri dan Guinandra Jatikusumo. Wakil Presiden Ma'ruf Amin beserta istri pun turut menghadiri hari bahagia pasangan tersebut.

7 dari 7 halaman

6. Mahar Emas 199 Gram

Guinandra memberi maskawin emas 199 gram dan seperangkat alat salat kepada Putri Tanjung yang dibacakan saat prosesi ijab kabul berlangsung. Prosesi akad nikah kemudian ditutup dengan pemberian nasihat dan doa dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.