Sukses

Maya Septha Positif Covid-19, Tetap Beri Edukasi Dapat Obat Gratis dari Kemenkes

Maya Septha membagikan hal penting bagi masyarakat yang terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Virus Corona Covid-19 kembali mengganas. Bahkan tak sedikit selebritas Tanah Air maupun dunia terpapar. Salah satunya adalah Maya Septha.

Hingga kini, Asisten Rumah Tangga (ART) Sule dalam acara talk show ini masih menjalani isolasi mandiri di rumah.

Bintang film Rumput Tetangga justru memberikan edukasi kepada masyarakat yang juga terpapar Covid-19 mendapatkan obat gratis dari Kemenkes RI.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Dapat WA

Melalui akun Instagram terverifikasi miliknya, Rabu (2/2/2022), Maya Septha memberikan rincian cara mudah untuk mendapatkan obat.

Ia menulis, "1. Setelah SWAB PCR positif di tempat yang TERAFILIASI dengan Kemenkes, kamu akan otomatis dapet WA dari Kemenkes seperti di slide ke 2. Perlu ada WA ini utk gratis ya. (biaya PCR di Bumame 275rb utk tunggu hasil 24jam)."

3 dari 6 halaman

Isi Data

Bila tak terdaftar di Peduli Lindungi, Maya Septha juga menyarankan untuk mengisi data.

"BTW saya sudah vaksin dan terdaftar di Peduli Lindungi. Saat PCR mencantumkan NIK sesuai KTP. (Karena ada yg ngga dapet WA dan saya juga nggatau kenapa bedanya ya.. Bisa jadi tempat PCR nya tidak terafiliasi dgn Kemenkes.) Mungkin bisa coba isi data di link di slide ke 3 ya.. Kalau NIK kamu TERDAFTAR seharusnya OTOMATIS tercatat ya kalau hasil PCR kamu positif 😊," lanjutnya.

4 dari 6 halaman

Jangan Tebus Obat Dulu

Ditambahkan Maya Septha, bila mendapat resep dokter jangan ditebus dulu obatnya. Gunakan aplikasi saja.

"Kamu bisa klik link yg diberikan untuk konsultasi online (di HaloDoc ada yg hanya 10rb dan bisa gratis pakai kode ISOMAN) Setelah dapat resep digital dari dokter, kamu screenshot resepnya untuk dikirimkan ke link di foto ke 3. (Jadi jangan tebus bayar dulu ya di aplikasinya) nanti kamu tebus sisanya aja yang ngga dapet gratis 😁)," sambungnya.

5 dari 6 halaman

Sehari Sampai

Maya Septha sudah menjalani prosedur ini sehingga ia bisa memberikan edukasi kepada orang lain.

"Dari link foto ke 3, nanti kamu isi data dan upload resep tadi. UPLOAD SCREENSHOT KESELURUHAN HALAMAN RESEP YA.. Nanti setelah selesai kamu akan terima link utk cek pengirimannya sudah sampai dimana. Pengalaman saya kemarin butuh 1 hari untuk obatnya sampai. Tapi menurut aku udah keren banget pemerintah kita.

Udah gitu aja 😊," tambahnya.

6 dari 6 halaman

Gejala Ringan

Dijelaskan Maya, bahwa gejala yang dialaminya terpapar Covid-19 termasuk ringan.

"Saya dapetnya Paket B (disesuaikan dari keluhan ya karena kondisi orang beda2 😊)Saya gejala ringan. Yang diberikan gratis:Favipiravir (antivirus seperti Avigan), Parasetamol dan Multivitamin seperti di foto pertama. Meskipun itu belum semua yg diresepkan, tapi GRATIS bersyukurlah. Jadi kamu bisa tinggal beli sisanya aja. Yg mahal itu anti virusnya kalau kamu perlu 😁 (setau saya jika tanpa gejala tidak perlu konsumsi antivirus.. tapi baiknya tanya dokternya ya 😊)

Menurut saya program gratis ini akan sangat membantu orang yg membutuhkan. Semoga informasi ini bermanfaat ya 😊," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.