Sukses

Keluarga Ungkap Cerita Detik-Detik Tukul Arwana Dilarikan ke Rumah Sakit

Liputan6.com, Jakarta Tukul Arwana sempat dilarikan ke rumah sakit. Pihak keluarga pun baru buka suara soal detik-detik presenter 58 tahun itu dalam keadaan tak sadar.

Menurut sang putri, Novita Eka Afriana, kala itu ayahnya sudah berada di lantai di depan sofa. Saat itu, adiknya, Zhovan, terus memanggil karena sang ayah diam tanpa reaksi.

Wanita yang akrab disapa Vita ini awalnya berpikir sang ayah bercanda karena diam saat dipanggil.

"Aku lagi di rumah di kamar, ayah itu di depan TV terus ade aku Zhovan panggil aku. Kok ayah diem aja, tiduran di depan sofa. Itu jam 5.30 WIB. Terus aku keluar aku pikir ayah bercanda karena diam aja," kata Vita seperti dilihat dari YouTube Indosiar, Selasa (11/1/2022).

"Terus aku bilang, ayah kenapa, ayah enggak jawab gitu kan. Terus akhirnya didudukin aku kasih minum, udah enggak bisa minum, masih sadar, melek. Air minumnya tumpah terus masih dilap sama ayah, udah enggak bisa ngomong tapi (kasih reaksi lap) terus kayaknya ada yang salah nih," imbuh Vita.

 

2 dari 4 halaman

Menemukan Pertama Kali

Sementara, Zhovan mengaku bingung saat menemukan sang ayah tidak merespons ucapannya di depan televisi. Padahal biasanya, ayahnya selalu memangilnya dan menciumnya saat bertemu.

Tapi saat itu komedian asal Semarang, Jawa Tengah, ini hanya diam. Curiga terjadi apa-apa, Zhovan menangis dan memanggil sang kakak.

"Biasanya ayah manggil langsung. (ketemu) Di rumah ngajak cium tapi ini enggak. Habis keliling di rumah ayah enggak ngomong-ngomong terus aku langsung kaget, aku panggil enggak nyahut-nyahut. Langsung nangis karena enggak pernah lihat ayah seperti itu," kata Zhovan.

 

3 dari 4 halaman

Dibawa Ke Rumah Sakit

Vita akhirnya langsung membawa ayahnya ke rumah sakit dekat rumah. Setelah sampai, dokter menyarankan Tukul dibawa ke rumah sakit khusus karena curiga gejala stroke.

"Aku bilang sama orang rumah akhirnya bawa ke rumah sakit dekat rumah. Akhirnya keluarin mobil, ke rumah sakit dekat rumah kata dokter enggak bisa di sini karena rumah sakit ibu dan anak. Akhirnya kita pindah rumah sakit," ucapnya.

Mendengar penjelasan dokter, Vita dan kerabatnya, Kimon, membawa Tukul ke Rumah Sakit Pusat Otak Nasional Jakarta.

"Dokter kasih pilihan ada dua rumah sakit akhir kita ke rumah sakit PON Cawang. Kita naik mobil, kejar-kejaran semuanya, alhamdulillah di tol ketemu polisi PJR, saya berhenti, saya gedor-gedor, saya teriak, saya bilang bawa Tukul Arwana tolongin saya, mas Tukul kena serangan jantung," kata Kimon.

 

4 dari 4 halaman

Kondisinya Sekarang

Kondisi Tukul Arwana dari foto dan video yang dibagikan tampak susut. Tubuhnya tak berisi seperti dulu masih aktif membawkan acara Indosiar.

Untuk mengembalikan kondisinya itu, Tukul saat ini rutin menjalani fisoterapi terlihat dari foto-foto yang dibagikan YouTube Indosiar.

Kemudian yang membuat hati teriris lagi, untuk makan Tukul harus disuapi. Terlihat di dalam video beberapa detik tersebut, Tukul sedang disuapi makan.