Sukses

Sebelum Nonton Serialnya, Ketahui Dulu Istilah di 'Kamus' Yellowstone

Sebelum menonton Yellowstone dari Season 1-3 atau mungkin melompat ke Season 4, ada baiknya mengetahui sejumlah istilah di 'Kamus' Yellowstone.

Liputan6.com, Jakarta Yellowstone menjadi satu dari sekian banyak serial drama Amerika yang wajib ditonton oleh penggemar film di Tanah Air. Bagaimana tidak? Serial TV yang dibintangi oleh Kevin Costner, belum lama ini mencetak rekor dengan 14,7 juta penonton pada tayangan perdana Season 4.

Menurut laporan Nielsen, angka itu adalah pemutaran perdana serial TV terbesar sejak "The Walking Dead" pada tahun 2017. Pencapaian tayangan perdana Yellowstone Season 4 juga jauh melampaui rilis perdana Season 3 dengan 9,3 juta penonton.

Sebagai informasi, Yellowstone pertama kali dirilis pada tahun 2018. Dikisahkan seorang orangtua tunggal bernama John Dutton (Kevin Costner) adalah generasi keenam atas tanah warisan keluarga Dutton. Namun ketika mengelola lahan yang nyaris tujuh turunan itu, muncul konflik dari berbagai pihak. Mulai dari konflik internal, dengan suku Indian, orang asli Amerika, pengembang lahan, hingga investor.

 

Season pertama memiliki 9 episode, disusul kemudian Season kedua dan ketiga dengan masing-masing 10 episode. Serial drama yang tayang di Mola ini mendapatkan beragam ulasan dari para kritikus dan kebanyakan memberikan pujian karena visual latar cerita. Gak heran, selalu masuk top movie Mola dan juga telah memiliki rating di Rotten Tomatoes mencapai 88%.

Memaski Season ke-4, Yellowstone wajib banget kamu tonton. Selain untuk mengetahui nasib John Dutton dan orang-orang terdekatnya, juga karena Yellowstone mengandung banyak pelajaran hidup. Dari cara mempertahankan hak, mengambil keputusan hingga menghadapi konsekuensi yang ada.

Buat kamu yang ingin menonton serial Yellowstone dari Season 1-3 atau mungkin berniat untuk langsung melompat ke Season 4, ada baiknya mengetahui sejumlah istilah di 'Kamus' Yellowstone dan berkaitan dengan kehidupan nyata.

1. Bozeman

Salah satu kota terpadat di Montana dan tempat bagi Universitas Negeri Montana, Bozeman, di tanah Yellowstone, yang berjarak 30 hingga 40 menit berkendara dari peternakan Dutton. Di situlah Beth Dutton dengan ceroboh meminum minuman keras dan merusak butik-butik. Di situ pula Monica mengajar, lalu Kayce membeli es krim untuk putranya, Tate, dan dibingungkan oleh orang-orang yang tidak mengenakan dasi peternak. 

2. Brand

Sebuah tanda yang dilakukan dengan cara memanaskan besi berbentuk khusus kemudian diletakkan pada sesuatu. Di Yellowstone, tanda itu adalah "Y" yang bisa ditemukan pada pagar kayu, pelana kulit, kulit sapi, dan dada manusia. Tanda "Y" melambangkan mereka milik Peternakan Yellowstone dan juga keluarga Dutton.

Serial ini memiliki versi ciri khas sendiri dan pengaruh budaya yang berbeda. Selama bertahun-tahun, banyak pria dan satu wanita yang sangat tangguh telah mengalami luka bakar besi itu di dada mereka sebagai bentuk kesetiaan (dan dikendalikan oleh) Peternakan Yellowstone Dutton.

3. Broken Rock Reservation

Sebuah daerah dengan penduduk asli Amerika lokal, dipimpin oleh Chief Thomas Rainwater, tempat Kayce Dutton dan istrinya, Monica, awalnya tinggal di awal seri. Broken Rock Reservation ini juga merupakan rumah bagi Painted Horse Casino, yang dimiliki dan dioperasikan oleh Rainwater, yang terus mengejar reklamasi tanah Dutton.

Meskipun latarnya fiktif, Broken Rock Reservation diambil dari tanah Crow Reservation, di bawah kesepakatan antara Sheridan dan Chariman Crow Nation AJ Not Afraid.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

5. Gator

Koki pribadi Dutton, yang ada di elemennya saat dia menawarkan gurita bakar (yang membuat John Dutton jijik) dan terlihat kempis saat dia diminta untuk menyajikan Choco Chimps daripada bacon yang enak. Gator juga seorang pria kehidupan nyata bernama Gabriel "Gator" Guilbeau yang menjalankan layanan kerajinan di lokasi syuting dan memasak pesta untuk semua pemain dan kru.

6. Meaner Than Evil

Sikap yang diperlukan untuk mengalahkan kejahatan, seperti yang dikatakan John Dutton kepada putranya Kayce.   “Learn to be meaner than evil and still love your family and enjoy a sunrise,” he counsels his boy. (Belajarlah untuk menjadi lebih jahat daripada kejahatan dan tetap mencintai keluargamu dan menikmati matahari terbit,” dia menasehati putranya)

7. Stock Growers Association

Di akhir Season 3 Yellowstone, komisaris ternak yang baru diangkat Kayce Dutton dikunjungi oleh pimpinan Stock Growers Association dengan saran bahwa dalam beberapa tahun dia mencalonkan diri sebagai gubernur negara bagian dengan dukungan mereka.

Ada sejumlah asosiasi semacam itu di Amerika Barat, yang sebagian besar terbentuk pada akhir abad ke-19 untuk membahas dan memperdebatkan kepentingan bersama para pemilik rumah peternakan sapi yang baru lahir di tanah tersebut.

(Versi Montana muncul sekitar tahun 1880-an dan melibatkan Teddy Roosevelt dan kelompok anti-pencuri yang terpisah, yang dikenal sebagai "Stuart's Stranglers.")

3 dari 3 halaman

8. The bunkhouse

Tempat tidur dan bermain kartu untuk koboi Yellowstone dan para  peternak. (Terkadang, anak-anak Dutton yang bandel juga menggunakannya) Dengan ada satu aturan, tidak boleh berkelahi.

9. Whiskey Myers

Band IRL yang bermain langsung di bar koboi tempat Beth Dutton mengumpan dan menukar Dan Jenkins di Musim 1 sebelum berdansa dengan suaminya.

10. Yellowstone Ranch

Wisma keluarga Dutton, diturunkan melalui sembilan generasi dan tempat dari semua drama yang dapat dipertahankan oleh Paradise Valley. Dalam kehidupan nyata, ini dimainkan oleh peternakan kerja seluas 2.500 hektar lebih jauh ke utara di Montana dekat Sungai Bitterroot.

Nah, itulah beberapa istilah di 'Kamus' Yellowstone. Jangan lewatkan perjuangan John Dutton dan keluarganya dalam mempertahankan warisan keluarga dan melawan ketidakadilan.

Saksikan aksi Kevin Costner, Kelly Reilly, dan Kayce Dutton di Yellowstone Season 4 yang mulai tayang di Mola pada 3 Desember 2021 mendatang.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini