Sukses

Klarifikasi Rachel Vennya Dituding Mengemplang Dana Bansos Warga Terdampak Covid-19

Selebgram Rachel Vennya dituding sejumlah pihak mengemplang dana bansos untuk warga terdampak pandemi Covid-19. Apa katanya?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tak sedap menimpa Rachel Vennya. Selebgram dengan 6 jutaan pengikut ini dituding sejumlah pihak mengemplang dana bantuan untuk warga yang terdampak pandemi Covid-19.

Gerah dengan gosip yang makin liar, ibu dua anak ini menyampaikan klarifikasi lewat fitur Instagram Stories, Kamis (7/10/2021). Ia mengaku emosinya meluap saat diduga mengemplang dana.

Jadi aku mau jelaskan kalau aku tidak melakukan hal tersebut. Maaf aku sampai gemetar gini karena aku memang kalau emosi seperti ini,” terang kekasih Salim Nauderer di medsos.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Insyaallah Tersalurkan

Rachel Vennya menjanjikan semua bantuan yang terkumpul disalurkan lewat platform Kitabisa. Ia tak mengambil serupiah pun untuk kepentingan pribadi atau di luar korban pandemi.

Semua dana yang kalian sudah sumbangkan melalui platform aku, pasti dan insyaallah tersalurkan dengan baik lewat KitaBisa.com. Aku sama sekali tidak pernah mengambil sepeserpun uang dari bantuan yang sudah kalian sumbangkan itu,” kata Rachel Vennya.

3 dari 5 halaman

Prosesnya Panjang

Setelahnya, ia tak mau lagi memberi tanggapan panjang lebar soal dugaan mengemplang dana yang mestinya diberikan buat warga terdampak wabah. Ia hanya mengunggah ulang dua unggahan Instagram Stories.

Pertama, dari Fania Khamada yang menjelaskan, “Makanya di setiap galang dana prosesnya panjang. Ketika kita mau nyalurin, tim Kitabisa milihin yayasan sosial yang mau akan implementasi, kita verifikasi, kita cek RAB-nya, kita monitor setiap progresnya.”

 

4 dari 5 halaman

Pencairan Transparan

Semua pencairan pun juga bisa diakses secara transparan oleh siapa saja, berapa nominalnya, ke mana donasi dicairin, dan akan digunain buat apa saja. Intinya pengelolaan donasi dipegang penuh oleh Tim Kitabisa,” Fania membeberkan.

Ia menyebut, ada puluhan orang yang kehilangan rumah karena bencana kini punya tempat tinggal lagi. Ada orang-orang kepulauan beroleh ambulans laut untuk memudahkan akses layanan kesehatan. Ada banyak penjual yang diborong dagangannya atas nama kemanusiaan. 

5 dari 5 halaman

Tak Ada Sepeser Pun

Tim Kitabisa pun mengklarifikasi dugaan mengemplang dana bansos dengan mengirim pesan langsung via Rachel Vennya. Pesan ini kemudian diunggah sang selebgram untuk meluruskan kabar miring yang menggelinding bak bola salju.

Tidak ada hasil dari donasi sepeserpun yang diberikan atau ditransfer ke rekening Rachel Vennya. Teman-teman juga bisa lihat laporan setiap penyaluran secara transparan dalam fitur "Kabar Terbaru" di setiap halaman galang dana Rachel di KitaBisa,” terang tim Kitabisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.