Sukses

Agensi Loona Dikabarkan Krisis Keuangan Parah, Koreografer Ngaku Belum Dibayar

Sang koreografer bahkan mengaku ada pekerjaannya yang belum dibayar dari sebelum Loona comeback dengan PTT akhir Juni lalu.

Liputan6.com, Seoul - Agensi yang menaungi Loona, BlockBerry Creative, dikabarkan tengah mengalami krisis keuangan yang parah. Dilansir dari Allkpop pada Jumat (1/10/2021), kabar ini pertama kali disampaikan secara eksklusif oleh media Korea Sports World pada akhir September lalu.

Dari penuturan sejumlah orang dalam, BlockBerry bahkan tak bisa membayar gaji kepada orang-orang yang bekerja dengan mereka. Tak hanya orang di dalam perusahaan, tapi juga kalangan profesional di luar agensi ini.

Saking parahnya, setelah berbulan-bulan gagal membayar gaji, kantor agensi idola K-Pop ini memerintahkan pekerja dari luar perusahaan untuk "menghentikan semua pekerjaan."

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gaji hingga Pajak

Konon, tunggakan yang belum dibayarkan agensi ini angkanya berkisar antara 1 juta - 100 juta won, diwartakan Koreaboo. Bila dikonversikan, bilangan yang paling tinggi mencapai Rp 1,2 miliar.

Selain gaji yang belum dibayar, angka termasuk pajak pegawai, asuransi, dan utang pengeluaran lainnya.

3 dari 5 halaman

Termasuk Penata Rambut dan Makeup

Pihak di luar perusahaan yang belum dibayar selama berbulan-bulan ini termasuk juga yang bekerja dengan Loona, seperti penata rambut dan makeup. Kini, koreografer Loona, Kim Hwa Young, ikut angkat bicara.

"Aku bekerja karena para personel Loona selalu bekerja dengan rajin," tulis sang koreografer di media sosial.

4 dari 5 halaman

Pengakuan Koreografer

Ia lantas menjabarkan, bahkan sebelum Loona comeback dengan "PTT (Paint the Town)" tiga bulan lalu, masih ada tunggakan yang belum dilunasi. Namun Kim Hwa Young menyatakan tetap membuat koreografi lagu ini, karena dijanjikan bakal dibayar pada bulan Agustus atau September kemarin.

"Aku sebelumnya menanyakan bujetnya. [Angkanya] bahkan enggak besar. Ini memalukan. Bayarannya jadi besar karena tunggakan bayarannya menumpuk. Bakal lebih baik kalau kami dibayar tepat waktu," tulisnya.

 

5 dari 5 halaman

Berusaha Lunasi Tunggakan

Di pengujung tulisannya ia berkata, "Tidak usah dibuat makin rumit. Tolong kirim pembayaran mulai dari koreorafi dari promosi di Jepang yang lalu."

BlockBerry Creative mengeluarkan pernyataan bahwa mereka akan berusaha sekuatnya melunasi semua tunggakan ini. Namun sejumlah orang dalam pesimistis masalah ini bisa diselesaikan secepatnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.