Sukses

Garap Podcast Balada Onggok Si Anak Durhaka, Member Podkesmas Mesti Pandai-Pandai Berkhayal

Ananda Omesh mengatakan bahwa standar produksi Balada Onggok Si Anak Durhaka lebih tinggi dari podcast yang biasanya mereka kerjakan.

Liputan6.com, Jakarta - Era sandiwara radio mungkin sudah berakhir, tapi kini milenial dan Gen Z bisa merasakannya lewat siniar atau podcast. Salah satunya digarap oleh Podkesmas, yang sudah punya nama di dunia podcast Tanah Air.

Kuartet yang terdiri dari Ananda Omesh, Angga 'Nggok', Imam Darto, dan Surya 'Insomnia' Dini bakal merilis serial bertajuk Balada Onggok Si Anak Durhaka pada Selasa (7/9/2021) besok di Spotify.

Podcast ini menyatukan drama dalam bentuk audio dengan komedi fantasi. Dalam konferensi pers yang digelar secara daring beberapa waktu lalu, Ananda Omesh mengatakan bahwa standar produksi Balada Onggok Si Anak Durhaka lebih tinggi dari podcast yang biasanya mereka kerjakan.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Penggarapan Elemen Audio

"Benar-benar naik level. Penggarapan sound-nya detail, ada pengerjaan yang dilakukan dengan panjang banget," tutur Ananda Omesh.

Imam Darto, penulis sekaligus podcast ini, menyebut memang perlu penggarapan yang sangat matang demi membuat penonton lebur ke dalam cerita. Apalagi ada banyak elemen dalam podcast ini, termasuk komedi slapstick. 

3 dari 5 halaman

Balada Slapstick

"Menghadirkan komedi slapstick ke dalam platform audio memberikan tantangan tersendiri, karena pada dasarnya daya tarik komedi slapstick ada pada stimulasi visual dari aktivitas fisik yang intens. Untuk mengakali hal itu, kami benar-benar total dari sisi produksi dan desain suara agar pendengar dapat membayangkan serta menciptakan kembali adegan humor tersebut dalam benak mereka melalui suara-suara yang mereka dengar," kata dia.

4 dari 5 halaman

Hingga Nuansa Sama

Tak cuma Darto yang menghadapi tantangan ini, tapi juga para pengisi suara. Surya Insomnia menyebut, dalam podcast ini tak ada visualisasi yang bisa jadi pegangan mereka. Karena itu, penafsiran masing-masing pengisi suara terhadap naskah bisa saja berbeda.

Misalnya, Surya mencontohkan, dalam naskah disebutkan mereka berlari kencang, tapi penafsiran masing-masing pengisi suara berbeda, sehingga mengucap dialog dengan cara berlainan.

"Kita harus bisa berkhayal dengan scene yang ada. Bagaimana supaya visualisasinya sama, kita reading berulang-ulang, supaya ambience-nya sama," kata dia.

5 dari 5 halaman

Balada Onggok Si Anak Durhaka

Balada Onggok Si Anak Durhaka sendiri menceritakan kisah seorang pria bernama Onggok (Angga 'Nggok') Onggok merupakan pria single yang tidak dihargai oleh teman-temannya, Suryo (Surya 'Insomnia'), Omesan (Omesh), dan Dartox (Imam Darto).

Onggok juga merasa ketiga temannya selalu merundungnya karena teman-temannya lebih sukses ketimbang dirinya. Gara-gara kesal, ia melampiaskan amarahnya kepada ayahnya, tapi nahas, ia malah dikutuk jin penunggu gunung. Onggok berubah jadi jamban emas. Dari sini, ia mendapat pelajaran hidup berharga.

Tak hanya para personel Podkesmas, Balada Onggok Si Anak Durhaka juga menampilkan Bintang Emon, Tora Sudiro hingga Asri Welas, dan lain-lain. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.