Sukses

Pihak TV Dinilai Tak Hormati Korban Saipul Jamil, Sineas Angga Dwimas Sasongko Ambil Sikap Tegas

Angga Dwimas Sasongko setop pembahasan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara dengan pihak TV yang terang-terangan rayakan kebebasan Saipul Jamil.

Liputan6.com, Jakarta Saipul Jamil bebas dari penjara pada 2 September 2021 akibat pencabulan terhadap anak di bawah umur dan suap seperempat miliar terhadap jaksa. Kebebasannya disambut bak peraih emas Olimpiade.

Mantan suami Dewi Perssik ini lantas beranjangsana di beberapa program stasiun TV. Perayaan kebebasan ini dinilai berlebihan dan memanen caci maki. Pihak TV pun kena semprot sejumlah pihak.

Salah satunya, sineas Angga Dwimas Sasongko dari rumah produksi Visinema yang menggarap film Keluarga Cemara dan Nussa. Ia menilai penyambutan bekas pesakitan tak menghargai perasaan korban pencabulan anak.

 

Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tidak Menghormati Korban

Lewat akun Twitter, ia menyampaikan pernyataan sikap dengan menyetop pembahasan distribusi film Nussa dan Keluarga Cemara sebagai bentuk empati dan dukungan buat korban Ipul.

Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa & Keluarga Cemara dg stasiun TV terkait,” cuitnya, Minggu (5/9/2021).

3 dari 5 halaman

Melawan Perayaan

Pemberitahuan ini dimaksudkan untuk mendukung gerakan melawan dirayakannya pelaku kekerasan seksual pada anak di media-media, serta menjadi kesadaran bersama pentingnya media - media yang menghargai anak-anak kita,” Angga menyambung.

Pemberhentian pembicaraan kesepakatan ini berlaku tidak hanya kepada stasiun TV yang sudah menayangkan, tapi juga stasiun TV lain yang nantinya melakukan tayangan serupa.

4 dari 5 halaman

Lebih dari 28 Ribu

Belum genap tiga jam, pernyataan sikap Angga Dwimas Sasongko dan Visinema viral di medsos. Hingga artikel ini disusun, utas sikap tegas ini dicuit ulang lebih dari 10 ribu kali. Lebih dari 29 ribu orang menyukainya.

Hari yang sama, sutradara film laris Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini mencuit ulang pernyataan sikap Visinema merespons glorifikasi Saipul Jamil yang dinilai salah alamat. 

5 dari 5 halaman

Pernyataan Sikap

PENYATAAN SIKAP. Menyikapi hadirnya Saiful Jamil di televisi dengan cara yang tidak menghormati korban, maka kami Visinema memberhentikan semua pembicaraan kesepakatan distribusi film Nussa & Keluarga Cemara dengan stasiun TV terkait,” tulisnya.

Sikap tegas juga dilayangkan rekanan rumah produksi tersebut, yakni The Little Giantz Studio yang memproduksi film Nussa. Warganet merespons sikap tegas Angga dan kawan-kawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.