Sukses

Peter Jonatan Siapkan Aransemen Orkestra Jelang 17 Agustus dan Sumpah Pemuda

Peter Jonatan akan mengaransemen lagu nasional dan daerah.

Liputan6.com, Jakarta Komposer sekaligus arranger Peter Jonatan bersiap untuk membuat kejutan.  Diaspora Indonesia di Amerika Serikat (AS) yang juga berprofesi sebagai orkestrator, konduktor dan pianis sekaligus dosen Music Theory di New England Conservatory (NEC) ini bersiap menyambut dua momen penting bangsa Indonesia yakni Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober mendatang. 

Dalam rangka menyambut dua momen penting Indonesia ini, Peter Jonatan bakal mengaransemen beberapa lagu nasional dan daerah dengan sentuhan orkestra.

“Saya ingin lagu-lagu nasional dan daerah itu semakin megah saat dibawakan lewat aransemen orkestra. Dan momennya pas jelang 17 Agustus dan Sumpah Pemuda nanti," ujar Peter Jonatan kepada wartawan via sambungan telepon, Kamis (15/7/2021).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konser

Hal ini bukanlah yang pertama dilakukan Peter Jonatan. Sebelumnya, saat mengenyam pendidikan S3 di NEC, dirinya sempat ikut serta dalam Konser ‘Legenda’ Berklee Indonesian Ensemble di Boston yang digelar pada 2 Oktober 2019. Di konser itu, ia mengarensemen lagu 'Cendrawasih' dari Papua Barat.  

Selain lagu 'Cendrawasih, ia juga pernah mengaransemen lagu 'Melati Suci' dalam rangka HUT RI ke-73 dan lagu Rayuan Pulau Kelapa dalam rangka HUT RI ke 75 dengan aransemen orkestra.

 

3 dari 4 halaman

Beberapa Lagu

Soal lagu yang bakal dipilihnya untuk diaransemen menyambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus dan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Jonatan mengaku masih dalam tahap seleksi. 

“Lagunya masih saya pilih, dan dalam waktu dekat akan saya putuskan. Mimpi saya ke depannya ingin menggelar konser orkestra di Indonesia, konser itu isinya nanti sejumlah lagu-lagu nasional dan daerah yang sudah di aransemen dengan musik orkestra. Mimpi saya bisa gelar konser di Gedung Kesenian Jakarta (GKJ)," ucap Doctor of Musical Arts in Jazz Studies (Composition) dari NEC ini.

 

4 dari 4 halaman

Profesi

Untuk diketahui, selain berprofesi sebagai seorang komposer, arranger, orkestrator, konduktor dan pianis yang mengkhususkan diri dalam komposisi musik jazz di AS, Peter Jonatan saat ini menjadi dosen Music Theory di New England Conservatory (NEC) setelah menyandang gelar Doctor of Musical Arts in Jazz Studies (Composition) dari NEC pada 2020 lalu.  

Sebelumya, gelar Master of Music in Jazz Studies (Composition) dari NEC diraihnya di 2014 dan Bachelor of Music in Jazz Composition dari Berklee College of Music pada 2011. Dan saat ini ia tengah coba meniti karir bermusiknya secara profesional di negeri Paman Sam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini