Sukses

Taqy Malik Klarifikasi Tuduhan Gelapkan Donasi untuk Warga Palestina

Taqy Malik beri penjelasan setelah dituding menggelapkan uang donasi yang tempo hari ia kumpulkan untuk warga Palestina.

Liputan6.com, Jakarta Taqy Malik berhasil mengumpulkan dana untuk warga Palestina sebesar 5 miliar rupiah hanya dalam waktu dua hari. Namun suami Serell Nadirah, dituding warganet menggelapkan uang donasi lantaran baru menyalurkan satu miliar.

Terkait hal itu, mantan suami Salmafina Sunan menjelaskannya secara detail melalui akun Instagram terverifikasinya, lengkap dengan bukti penyerahan uang donasi untuk warga Palestina.

"Adik-adikku yang di slide 1 dan 2, waktu kecil diajarin baca ngga? Kalo ga pernah sini kakak ajarin baca ya, biar baca informasinya lengkap dan ngga di potong potong," kata Taqy Malik dikutip dari Instagramnya, Kamis (27/5/2021).

"Di slide 3 ini bukti dana 1 Milyar sudah di transfer ke PMI untuk keperluan logistik mendesak warga terdampak rudal di Palestina dan sudah dikelola oleh perwakilan PMI yaitu Bulan Sabit Palestina. Sampai sini paham ya dek?" ia menjelaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Berangsur

Pria 23 tahun itu juga menjelaskan bahwa uang total 5 miliar rupiah hasil donasi dibagikan untuk berbagai keperluan secara berangsur.

"Slide 4 : Kami juga salurkan ke lembaga kemanusiaan @inhforhumanity senilai 513 juta rupiah, untuk keperluan sembako dan kebutuhan hidup ke warga terdampak. Aman dek?" Taqy menyambung.

"Slide 5 : Tadi pagi, kami salurkan ke lembaga Nusantara Palestina atau NPC yang didirikan oleh bang onim sejumlah 3 milyar. loh kok banyak? baca dulu ya dek di slide selanjutnya," tulisnya lagi. 

3 dari 4 halaman

Bukti

Setelah itu, Taqy menunjukkan bukti lain soal penyaluran dana dari donasi yang didapatkan. 

"Slide 6 : Ini RAB yang diajukan oleh NPC ke kami, 2 Milyar untuk keperluan santunan Korban Agresi militer dan pembuatan lahan pabrik air minum yang berjangka panjang. 1 Milyarnya kemana? lanjut ya dek.. jangan skip ya, nanti kaka ga kasih jajan," beber Taqy Malik.

"Slide 7 : ini Anggaran detail NPC untuk ambulan senilai 1,1 Milyar lebih untuk keperluan beli ambulan dengan peralatan yang lengkap, adek bisa baca sendiri deh," terangnya.

4 dari 4 halaman

Total yang Disumbangkan

Dari penjelasan ini, total uang yang disumbangkan untuk Palestina lebih dari 5 miliar rupiah.

"Slide 8 : Nah, hari ini juga kami transfer ke lembaga kemanusiaan yang lain Yayasan Sahabat Al Aqsha sejumlah 500 juta untuk kebutuhan mendesak dari logistik dll," Taqy memaparkan.

"Slide 9 : Ustadz Husein Gaza memberikan report langsung, bahwa donasi 500 juta itu betul-betul di peruntukan kebutuhan sembako dll," ungkap Taqy Malik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.