Sukses

Inul Daratista Ajak Suami, Adam Suseno Manggung di LIDA 2021 Indosiar Babak Top 56 Grup 1 Merah

Liputan6.com, Jakarta Ada yang berbeda di panggung LIDA 2021, Senin (29/3/2021) malam kemarin. Panggung Liga dangdut Indonesia di babak Top 56 Grup 1 Merah menampilkan aksi salah satu juri memperkenalkan single terbarunya.

Pada di sela-sela penampilan 5 duta dari propinsi berbeda Inul Daratista manggung memperkenalkan single terbarunya yang bertajuk "Mas Adam". Lagu ini menceritakan perjalanan mahligai rumah tangganya dengan Adam Suseno yang sudah mencapai usia 26 tahun.

Bakan sang suami pun sempat naik ke atas panggung dan melakukan aksi gimmick koreografi saat sang Ratu Ngebor ini melantunkan tembang terbarunya yang diciptakan Adibal Sahrul. Kejutan inilah yang membuat panggung kompetisi menyanyi Indosiar, Senin malam kemarin menjadi istimewa. 

Selain itu ada beberapa catatan menarik tentang penampilan peserta. Mereka adalah Anting (D.I Yogyakarta), Dandi (Bali), Rida (Sumatera Utara) dan April (Sulawesi Tenggara) yang tergabung dalam Group 1 Merah bersaing sebagai grup pembuka Top 56.

2 dari 3 halaman

Maaf Mak'e

Lagu dengan nuansa melayu “Laksamana Raja Dilaut” sukses dibawakan Rida (Sumatera Utara) dengan meraih dua standing ovation dari Inul Daratista dan Nassar. Menurut Inul, Rida berhasil menyanyikan lagu ini dengan mulus. “Dari awal hingga akhir lagu, aku menikmati penampilan kamu, malam ini kamu bukan seperti peserta, tapi sudah menjadi penyanyi” tambah Nassar.

Anting (D.I Yogyakarta) memilih membawakan lagu “Egois” yang dipopulerkan oleh Lesti DA. Sayangnya penampilan Anting kali ini belum mampu mencuri hati Dewan Juri, berbagai kritik pedas pun diperolehnya. “Artikulasi nyanyi kamu kurang jelas, not kamu naik turun dan improvisasi kamu terkesan memaksa," kata Soimah. Anting pun mengakui kesalahannya. "Maaf Mak’e, pita suara aku sedang bermasalah, terasa kering dan sakit sehingga ada beberapa nada yang lepas dan tidaksampai” ungkap Anting.

Peserta pria satu-satunya dari Grup 1 Merah Dandi (Bali), menyanyikan lagu “Masih Adakah Cinta”. Penampilan Dandi kal iini, meraih kritikan dari Nassar.  “Meskipun suara kamu enak, tapi saya ga merasakan pesan lagunya, kamu bernyanyi terasa flat. Tidak ada penekanan lagu pada setiap baitnya” sesal Nassar.

 

3 dari 3 halaman

Lupa Lirik

Senada dengan Dandi, duta provinsi Sulawesi Tenggara, April pun tak luput dari komentar Dewan Juri. Pada penampilannya kali ini, April sempat lupakan lirik lagu. Soimah pun berkomentar lupa lirik merupakan kesalahan fatal seorang penyanyi saat tampil, yang menandakan tidak adanya keseriusan dalam menyanyi.

Momen pembacaan perolehan skor akhir LIDA 2021 menjadi bagian yang menegangkan bagi para duta. Akumulasi perolehan dukungan dengan perolehan nilai menempatkan April (Sulawesi Tenggara) berada di posisi teratas dengan total skor sebesar 31,71% disusul oleh Rida (Sumatera Utara) di posisi kedua dengan skor 24,98% dan Anting (D.I Yogyakarta)di urutan ketiga dengan skor 23,96% serta Dandi (Bali) dengan perolehan terendah yakni 19,35%.  Dengan demikian Dandi (Bali) menjadi duta pertama yang tersenggol dari Top 56 LIDA 2021.

Kompetisi masih terus berlanjut malam ini, Awan (Lampung), Cinta (Jawa Barat), Elsa (Kalimantan Barat), dan Riyad(Sulawesi Tengah) yang tergabung dalam Grup 1 Putih LIDA 2021 akan bersaing demi mempertahankan posisinya untuk melaju ke babak selanjutnya.

Ditayangkan live di Indosiar, Konser LIDA 2021 Top 56 Grup 1 Putih mulai pukul 20.30 WIB dari Studio 5 Indosiar.