Sukses

Pamer Hasil Analisa Video Mirip Gisel, Roy Suryo Minta Waspada Deepfake

Setelah mengamati video mirip Gisel, Roy Suryo langsung memamerkan hasil analisanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pakar telematika Roy Suryo ikut angkat suara seputar video syur mirip Gisella Anastasia alias Gisel yang sempat muncul di tengah-tengah masyarakat melalui berbagai macam cara.

Setelah mengamati video mirip Gisel itu, Roy Suryo langsung membuka Twitter. Ia lantas memamerkan hasil analisanya melalui Face Comparator (Recognizer) dan Face Matcher (Combiner) yang tingkat kecocokannya lebih dari 70 persen.

Namun begitu, Roy Suryo tetap mencatat bahwa persentase dari analisis video mirip Gisel ini bukan berarti akurat. Ia juga meminta seluruh pihak agar tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pesan Roy Suryo

"Tweeps, Dalam kasus "Video 19dtk mirip Artis GA", saya tetap himbau kedepankan azaz Praduga tdk bersalah. Apalagi UU Indonesia hanya bisa menjerat Penyebarnya & bukan Pelakunya, sesuai UU ITE No. 19/2016 pengganti UU No. 11/2008. Uniknya, kasus ini disebut "Pemersatu" Netizen ...," tulis Roy Suryo melalui akun Twitter @KRMTRoySuryo2, Sabtu (7/11/2020).

3 dari 5 halaman

Waspada Deepfake

Tak hanya itu. Roy Suryo juga meminta seluruh pihak agar waspada jika video mirip Gisel tersebut bisa saja hasil manipulasi dari manipulasi sejumlah perangkat lunak seperti Deepfake.

 

4 dari 5 halaman

Memanipulasi Wajah

"Tweeps, Mengapa saya selalu menyatakan bahwa "Kedepankan Azas Praduga tdk bersalah", Karena sekarang ini sdh banyak juga Software yg bisa Memanipulasi (= mengganti) Wajah seseorang dlm Video, seperti DeepFake, ReFace, dsb, meski tentu ada Metode utk mengetahuinya. Ini contohnya," tulis Roy Suryo sambil mengunggah video deepfake dalam film Venom yang mengganti wajah Tom Hardy dengan wajah dirinya.

 

5 dari 5 halaman

Bukan yang Pertama

Sepanjang pekan lalu, Gisel menjadi perbincangan masyarakat lantaran video syur berdurasi belasan detik yang melibatkan wanita mirip dirinya tersebar di dunia maya.

Gisel telah mengklarifikasi dan mengaku sedih lantaran kerap dijadikan objek isu video panas seperti yang pernah terjadi sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.