Sukses

Kronologi Meninggalnya Aa Gatot Brajamusti, akibat Hipertensi dan Diabetes

Aa Gatot Brajamusti meninggal dunia di RS Pengayoman Cipinang Jakarta. Riwayat kesehatannya kemudian terungkap.

Liputan6.com, Jakarta - Aktor sekaligus mantan Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi), Aa Gatot Brajamusti meninggal dunia. Ia mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Pengayoman Cipinang, Jakarta, Minggu (8/11/2020).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Ditjen PAS Rika Aprianti menjabarkan kronologi meninggalnya Aa Gatot Brajamusti. Saat berada di LP Cipinang, terpidana tiga kasus hukum ini jatuh sakit sehingga dibawa ke RS Pengayoman.

"Hari ini dirujuk (ke rumah sakit) sekitar jam 2-an barangkali," ucap Rika Aprianti saat dihubungi Liputan6.com pada Minggu (8/11/2020) malam.

Menurut Rika Aprianti, Aa Gatot Brajamusti meninggal dengan beberapa riwayat penyakit. "Keluhannya hipertensi sama gula darah tinggi. Tapi beliau memang sudah punya riwayat penyakit, sebelumnya juga pernah strok," tuturnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Serah Terima

Saat dirujuk ke rumah sakit, keluarga termasuk kuasa hukum turut mendampingi. Sayang, nyawanya tak bisa diselamatkan dan dinyatakan meninggal pada pukul 16.11 WIB di rumah sakit.

"Saat ini sedang dilakukan proses serah terima dari pihak Lapas Cipinang kepada anak dan kuasa hukumnya. Kalau katanya sih mau dibawa ke Sukabumi," kata Rika Aprianti.

3 dari 4 halaman

Pemakaman

Rencananya, Aa Gatot Brajamusti akan dikebumikan di Sukabumi, Jawa Barat, Senin (9/11/2020).

"Di Sukabumi, dimakaminnya mungkin besok, ini dibawa dulu sekarang, mungkin dimandiin. Besok tentunya enggak mungkin langsung, besoklah kayaknya," kata Evry Joe yang dikenal sebagai aktor, produser, dan sahabat Aa Gatot Brajamusti, saat dihubungi.

4 dari 4 halaman

Karya Aa Gatot

Sepanjang hayatnya, Gatot Brajamusti memproduksi dan membintangi sejumlah film. Beberapa judul film yang melibatkannya adalah Bait Surau, Sayap Kecil Garuda, juga DPO (Detachement Police Operation)

Ada pula film Tanah... Surga Katanya. Dalam film ini, Gatot Brajamusti menjadi produser bersama Deddy Mizwar dan Bustal Nawawi. Film ini berhasil memenangkan setengah lusin Piala Citra di FFI 2012 untuk Cerita Asli, Tata Artistik, Tata Musik, Pemeran Pendukung Pria, Sutradara, dan Film Terbaik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.