Sukses

Prambanan Jazz Festival 2020 Digelar Hari Ini Secara Virtual

Prambanan Jazz Festival 2020 tetap digelar dengan keterbatasan.

Liputan6.com, Jakarta Prambanan Jazz Festival 2020 digelar secara online pada Sabtu (31/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020). Pihak promotor ingin menunjukkan eksistensinya meski berada di tengah pandemi, dengan tetap menggelar event tahunan tersebut. 

Tidak mudah menyelenggarakan perhelatan Prambanan Jazz Festival 2020. Proses panjang terkait perizinan penyelenggaraan harus dilalui demi terwujudnya acara di masa pandemi Covid-19.

“Dengan usaha keras kami akhirnya bisa membuat Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara," ujar Anas Syahrul Alimi, founder Prambanan Jazz Festival dalam keterangannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Situasi

Anas Syahrul Alimi mengungkapkan, situasi yang dihadapi saat ini sangat berbeda. Pandemi Covid-19 telah mengubah hampir seluruh lini kehidupan, tidak terkecuali pelaku dan pekerja seni pertunjukan, seperti Prambanan Jazz Festival. 

Promotor Rajawali Indonesia berupaya agar Prambanan Jazz Festival 2020 tetap dapat terselenggara secara offline dengan protokol kesehatan ketat.

Prambanan Jazz Festival harus mengutamakan aspek kesehatan dan keamanan seluruh pihak yang terlibat.

"Kami prihatin terus melonjaknya kasus Covid-19. Namun kami ingin tetap menghadirkan PJF 2020 di tengah keterbatasan. PJF 2020 tidak hadir offline," ucap Anas Syahrul Alimi.

 

3 dari 5 halaman

Virtual

Prambanan Jazz Festival 2020 akan ditayangkan virtual dan disiarkan langsung dari Candi Prambanan.

Menurut Anas Syahrul Alimi, keputusan ini langkah terbaik yang bisa ditempuh saat ini. 

Ia menyampaikan permohonan maaf ke PJFLovers karena belum bisa menggelar perhelatan offline seperti biasanya.

Sementara itu, Bakkar Wibowo, co founder Prambanan Jazz Festival, mengatakan, Prambanan Jazz Festival 2020 digarap oleh musisi Tompi untuk visual broadcastingnya.  Tompi dikenal sebagai musisi yang belakangan ini kerap menggarap film layar lebar sebagai film director atau sering didapuk jadi video music director.

 

4 dari 5 halaman

Bintang Tamu

Untuk bintang tamunya, sederet musisi dijadwalkan tampil di hari pertama Prambanan Jazz Festival 2020. Mereka antara lain, Tulus, Fourtwnty, Isyana Sarasvati, Joko In Berlin, Pusakata dan Tompi.

Pada hari kedua ada Andmesh, Ardhito Pramono, The Everyday Band, Nadin Amizah, Pamungkas, Sinten Remen dan Yura Yunita. Mereka akan menyanyikan lagu-lagu dalam jazz version.

 

5 dari 5 halaman

Tidak Ada Kerumunan

Prambanan Jazz Virtual Festival 2020 menggandeng TheEverydayBand, musisi asal Yogyakarta, untuk mengaransemen dan membuat lirik lagu Ke Prambanan Jazz Lagi sebagai lagu tema. 

"Ini upaya untuk terus mempromosikan Yogyakarta sekaligus harapan untuk bisa menyaksikan Prambanan Jazz kembali secara langsung," kata Direktur Utama Rajawali Indonesia Tovic Raharja.

Di Candi Prambanan hanya akan ada kru yang bertugas dan musisi atau artis yang akan dihadirkan di venue secara bergantian sesuai rundown. Tujuannya supaya tidak menimbulkan kerumunan.

Pelaksanaan acara akan dilakukan dengan menerapkan standar protokol kesehatan.

Para penampil dan kru akan melakukan rapid test terlebih dulu sebelum acara. Selama konser dipastikan protokol kesehatan berjalan ketat, seperti menyiapkan tempat cuci tangan dan hand sanitizer, memakai masker dan face shield, serta tidak berkerumun atau tetap menjaga jarak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.