Sukses

Dua Eks Seventeen Bentuk YudhyDoni Project Setelah 13 Tahun Tak Bertemu

YudhyDoni Project dibentuk oleh dua eks Seventeen, Yudhy dan Doni, beberapa lama setelah bencana tsunami Tanjung Lesung.

Liputan6.com, Jakarta - Industri musik Indonesia sedang diramaikan oleh duet YudhyDoni Project. Tak sembarangan, grup ini dibentuk oleh dua orang mantan personel grup Seventeen, yakni Yudhi Rus Harjanto (eks gitaris), dan Doni Saputro (eks vokalis).

YudhyDoni Project didirikan Yudhy dan Doni secara spontan, beberapa lama setelah bencana tsunami Tanjung Lesung pada 22 Desember 2018. Bencana ini menewaskan empat personel Seventeen: Herman (gitar), Bani (bass), dan Andi (drum).

Menariknya, rencana membentuk YudhyDoni Project sebenarnya sudah lama ada di dalam kepala Doni. Namun baru terwujud setelah Doni dan Yudhy tampil bersama di acara Tribute to Seventeen yang digelar di Yogyakarta pada 29 Desember 2018.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sudah Sering Saling Kontak

"Kalau resmi terbentuknya, kami enggak mengerti tanggal berapa. Tapi yang jelas ide awalnya sudah ada sebelum peristiwa tsunami. Sudah sering kontak-kontakan, Yudhy mengompori saya nge-band lagi," jelas Doni kepada Showbiz Liputan6.com, dalam wawancara melalui panggilan via aplikasi video pada Rabu (28/10/2020).

"Tapi saya belum kepengin sampai akhirnya ada kejadian itu, lalu kami dipertemukan kembali secara langsung di acara Tribute to Seventeen tanggal 29 Desember 2018 di nol kilometer Yogyakarta," lanjut Doni.

3 dari 5 halaman

Tak Bertemu 13 Tahun

Menariknya, Doni dan Yudhy mengaku bahwa sebelum YudhyDoni Project terbentuk, keduanya sudah lama tak saling bertatap muka. Bahkan, keduanya sempat tak bertemu lagi selama 13 tahun.

"Setelah 13 tahun enggak ketemu, tatap muka sama Yudhy, di acara itu baru pertama kalinya. Setelah itu kami ngobrol-ngobrol ringan, sampai akhirnya, ayo jalan," terang Doni.

4 dari 5 halaman

Tanggal Terbentuk

Mengenai tanggal terbentuknya, Yudhy akhirnya menyepakati bahwa keduanya resmi menjadi duet pada malam mereka tampil di acara Tribute to Seventeen.

"Kami belum mengikrarkan, setelah acara Tribute to Seventeen, kami mengalir, sepakat membuat project ini. Bisa jadi, kami berpatokan pada tanggal di titik nol itu saja, 29 Desember 2018," ujar Yudhy yang disetujui oleh Doni.

 

5 dari 5 halaman

Kiprah Yudhy dan Doni

Menelusuri kembali kiprah Yudhy dan Doni, Yudhy adalah mantan gitaris Seventeen sekaligus pendiri band tersebut. Sementara itu, Dodi adalah mantan vokalis Seventeen untuk album pertama dan kedua.

Doni keluar pada 2006 yang kemudian digantikan oleh Ifan. Sementara Yudhy tak lagi di Seventeen sejak 2013 sebelum peluncuran album kelima. Setelah bertahun-tahun lamanya, barulah Yudhy dan Doni membentuk YudhyDoni Project.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.