Sukses

Kisah Uwais Al Qarni Jadi Inspirasi Lagu Terbaru Teddy Snada

Teddy Snada menggambarkan perjuangan Uwais Al Qarni memberangkatkan ibunya berhaji.

Liputan6.com, Jakarta - Teddy Snada memiliki cerita menarik dibalik terciptanya lagu terbaru berjudul "Uwais Al Qarni". Lagu tersebut merupakan single solo terbarunya setelah beberapa waktu lalu sukses merilis lagu berjudul "Sudut Sorga".

Menurut Teddy Snada, lagu terbarunya mengisahkan tentang sosok Uwais Al Qarni yang melegenda berkat baktinya terhadap orangtua. Dalam sejarah Islam, Uwais Al Qarni diceritakan sebagai pemuda yang sangat mencintai dan menyayangi ibunya.

"Ia merupakan pemuda saleh yang berbakti pada ibunya. Ibunya merupakan seorang wanita tua yang lumpuh," kata Teddy Snada membuka perbincangan saat ditemui di Jakarta, Senin (28/9/2020).

Ia melanjutkan, hampir semua keinginan ibunda dipenuhi Uwais Al Qarni. Tetapi, ada satu permintaan lainnya yang dianggap Uwais Al Qarni belum bisa diwujudkannya. Yakni, membawa sang ibu berhaji ke Mekkah.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Miskin dan Sakit

Uwais Al Qarni, kata Teddy Snada, bukanlah pemuda yang berasal dari keluarga kaya. Hidupnya susah karena berada dalam garis kemiskinan. Tapi masalah Uwais Al Qarni bukan cuma itu.

"Dia juga memiliki penyakit sopak atau terdapat belang-belang pada tubuhnya," Teddy Snada menjelaskan.

 

 

 

3 dari 5 halaman

Gendong Lembu

Bagi Teddy Snada, kisah Uwais Al Qarni amat membekas di hati dan ingatannya. Terutama saat ia mengingat cerita perjuangan Uwais Al Qarni yang berlatih menggendong lembu demi membopong ibunda pergi berhaji ke Baitulah.

"Karena mereka berasal dari keluarga yang miskin dan tak memiliki kendaraan, dengan berbekal lembu yang ia beli dan ia rawat, ia menggendong lembu tersebut naik turun bukit berhari-hari. Hal ini ia lakukan untuk melatih dirinya agar dapat menemani Ibunya pergi haji," dia mengisahkan.

 

 

 

4 dari 5 halaman

Ridho Ibunda

Uwais Al Qarni, Teddy Snada kembali menceritakan, memutuskan untuk membopong ibunya dari Yaman menuju Mekkah untuk beribadah haji. Ibunya bercucuran air mata terharu melihat Baitullah dan kesalehan anaknya.

"Di Mekkahlah penyakit Uwais disembuhkan, belang-belangnya hilang dan hanya tersisa dibagian telapak tangan, sebagai tanda yang diminta Nabi Muhammad SAW pada Allah SWT, agar sahabat Nabi mengenali Uwais Al Qarni," dia melanjutkan.

 

5 dari 5 halaman

Permintaan Produser

Awal mula terciptanya lagu Uwais Al Qarni merupakan permintaan eksekutif produser Konten Jempolan Indonesia, Donald Akbar. "Beliau memiliki latarbelakang yang sangat privasi terhadap kisah Uwais Al Qarni. https://youtu.be/aEfsjkrNRgY Maka dari itu, saya coba mencari informasi dan mempelajari cukup detail tentang perjalanan Uwais Al Qarni, hingga terciptalah lagu Uwais Al Qarni," Teddy Snada mengakhiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.