Sukses

BTS Nomor 1 di Billboard Hot 100, Presiden Korsel Moon Jae In: Ini Benar-Benar Hebat  

BTS merupakan grup Korea Selatan pertama yang berhasil meraih posisi pertama di Billboard Hot 100.

Liputan6.com, Seoul - Sehari setelah penampilannya di MTV Video Music Awards 2020, BTS mencetak sejarah. Suga dkk meraih posisi pertama dalam tangga lagu Billboard Hot 100, dengan "Dynamite".

Billboard Hot 100 adalah tangga lagu Amerika Serikat dari semua jenis genre, dan datanya dihitung dari streaming, pemutaran di radio, dan penjualan.

Dilansir dari Billboard dan Soompi, Selasa (1/9/2020), BTS merupakan grup Korea Selatan pertama yang berhasil meraih posisi ini. Sebelumnya, rekor tertinggi BTS dalam tangga lagu ini adalah nomor empat, dengan "ON".

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pencapaian Artis Asia

Sebelum BTS, solois Korea Selatan Psy juga masuk dalam tangga lagu ini pada 2012, tapi puncaknya adalah peringkat dua.

Untuk tingkat Asia, artis yang pertama kali mencapai posisi ini adalah Kyu Sakamaoto dengan lagu "Sukiyaki". Penyanyi Jepang ini mencapainya pada 1963 dan mempertahankannya selama tiga minggu.

Sementara pada 2010, Far East Movement juga meraih pencapaian serupa selama tiga minggu dengan "Like a G6". Kala itu, grup ini memiliki dua anggota berdarah Korea Selatan.

3 dari 5 halaman

Data Dynamite

Menurut data Nielsen Music/ MRC hingga 27 Agustus, pada minggu pertama setelah dirilis "Dynamite" mencapai 33,9 juta streaming di AS dan penjualan 300 ribu.

Pemutarannya di radio juga meraih 11,6 juta paparan pendengar sampai masa penghitungan 30 Agustus lalu.

Dynamite juga mencapai 265 ribu unduhan yang terjual di munggu pertama. Sementara bila menghitung rilisan fisik, total penjualannya mencapai 300 ribu.

4 dari 5 halaman

Pujian Presiden

Pencapaian BTS ini mengundang pujian, termasuk dari Presiden Korea Selatan, Moon Jae In. Lewat akun Twitter pribadinya, ia bercuit dalam bahasa Korea dan Inggris sekaligus.

"BTS mencapai posisi No 1 di tangga lagu Billboard Hot 100, menuliskan bab baru sebagai grup band Korea pertama yang melakukannya. Setelah memuncaki daftar album Billboard 200 selama empat kali, kini mereka mencapai No 1 di kedua daftar," tulis Moon Jae In.

Ia menambahkan, "Ini benar-benar hebat.

5 dari 5 halaman

Pelipur Lara

Sang Presiden menyebutkan bahwa pencapaian BTS mengangkat rasa bangga atas K-Pop. Dan lebih istimewa lagi, lanjutnya, lagu ini diciptakan untuk memberi rasa nyaman dan harapan bagi masyarakat dunia yang tengah berjuang melawan Covid-19.

"Ini akan menjadi pelipur lara bagi masyarakat Korea yang menderita karena krisis nasional yang disebabkan Covid-19. Saya menawarkan ucapan selamat dari lubuk hati terdalam," ia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.