Sukses

Kang Daniel dan IU Dipuji Pelatih Vokal Kim Sung Eun

Tak hanya Kang Daniel, sejumlah nama beken seperti IU, Jin BTS, dan Jihyo Twice, juga disanjung oleh Kim Sung Eun.

Liputan6.com, Seoul - Pelatih vokal yang telah menangani sejumlah artis K-Pop, Kim Sung Eun, baru-baru ini melakukan wawancara dengan The Korea Times. Dalam artikel yang dipublikasikan pada Minggu (26/4/2020), ia membahas sejumlah nama besar di dunia hiburan Korea Selatan, mulai dari Kang Daniel, IU, Jihyo Twice, hingga para anggota BTS. 

Kang Daniel dan IU, adalah dua nama solois yang menerima pujian dari sang pelatih vokal, dalam hal kualitas vokal dan upaya mereka, di antara banyak penyanyi lainnya.

Kang Daniel misalnya, membuat Kim Sung Eun kaget. Pasalnya, posisi awal penyanyi asal Busan ini adalah sebagai rapper, bukan vokalis. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Sangat Serius

"Dia seorang rapper, penari dari grup yang sudah bubar Wanna One, tetapi suaranya begitu dalam dan kemampuannya menginterpretasikan musik begitu hebat. Daniel sangat serius dengan musiknya dan berusaha keras untuk pekerjaannya juga," tutur Kim Sung Eun.

3 dari 7 halaman

IU

Sementara IU, punya kemampuan lebih dari sekadar menyanyikan nada-nada tinggi, seperti yang selama ini dikenal publik. 

"Banyak orang tahu IU unggul dalam menyanyikan nada tinggi dan memiliki suara yang lembut, tetapi mereka tidak tahu bagaimana dia mengikuti irama atau betapa terampilnya dia melambangkan emosinya dalam sebuah lagu," kata dia. 

4 dari 7 halaman

Jin BTS

Sang pelatih vokal juga terpukau dengan perkembangan Jin BTS, yang sempat ditanganinya. Tahun 2006, saat masih menjadi trainee, Jin rupanya sempat kesulitan membawakan sebuah lagu. 

"Ketika Jin seorang trainee di Big Hit Entertainment, dia berlatih menyanyikan lagu Asher Book "Try" (2006) dengan saya selama pelajaran, dia hampir tidak bisa lakukan saat itu," kata dia. 

5 dari 7 halaman

Menyentuh

"Tetapi setelah beberapa tahun, dia tiba-tiba mengirimi saya rekaman barunya. Lalu dia berkata, "Tolong dengarkan ini. Apakah aku membaik?" Dia sangat mahir, tetapi yang lebih menyentuh saya adalah sikapnya. Meskipun menjadi superstar dengan jadwal yang padat, dia masih berusaha untuk menjadi lebih baik," sambung Kim Sung Eun.

Selain Jin, dia juga pernah melatih dua personel BTS lainnya, V dan Jungkook, selama lebih dari setahun sebelum grup ini debut pada tahun 2013. 

6 dari 7 halaman

Jihyo Twice

Kim Sung Eun juga memberi pujian kepada Jihyo Twice, yang pernah ia latih. Menurutnya, idol bermata indah ini memiliki hasrat tinggi untuk belajar. 

"Dia baru-baru ini terlibat dalam pertunjukan akustik di teater kecil sebagai bagian dari proyek "Melody TWICE" dan berhasil menampilkan lima lagu yang menantang. Saya pikir dia mendorong kemampuannya," kata dia.

 

 

7 dari 7 halaman

Prihatin

Di sisi lain, ia mengaku prihatin karena idol K-Pop kerap dipandang sebelah mata. Walau panggung musik K-Pop dipenuhi para penyanyi berbakat, tetapi masih banyak orang yang percaya sosok yang disebut "idol" ini berada di bawah standar.

 

(Antaranews.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.