Sukses

Potret 6 Seleb Kampanye Di Rumah Aja, Melly Goeslaw Unggah Foto Hyun Bin Hingga Dian Sastro Rebahan

Kampanye di rumah aja adalah respons terhadap wabah Corona Covid-19. Para artis seperti Melly Goeslaw dan Dian Sastrowardoyo punya cara unik.

Liputan6.com, Jakarta Merebaknya wabah Corona Covid-19 di Tanah Air mengundang keprihatinan berbagai pihak termasuk para artis. Mereka menyuarakan kampanye stay at home alias di rumah aja. Stay at home atau di rumah aja salah satu cara merealisasikan social distancing atau menjauhi keramaian.

Sejumlah artis lewat akun medsos terverifikasi mereka mengunggah gambar atau sketsa berisi pesan di rumah aja merespons wabah Corona Covid 19. Ada unggahan yang bikin ngakak, ada pula yang bikin terenyuh.

Showbiz Liputan6.com merangkum enam unggahan para pekerja seni terkait gerakan di rumah aja. Unggahan mereka mencerminkan sudut pandang beragam. Simaklah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anggun, Respek untuk Paramedis

Anggun mengunggah sketsa mengharukan yang menampilkan seorang dokter mengenakan seragam, masker, dan berkalung stetoskop. Ia berpeluh lantaran menyangga bumi yang tengah terpapar virus Corona Covid 19. Gambar dramatis ini disertai status teks ringkas, “Gratitude and respect.”

Pelantun “Tua-tua Keladi” membubuhkan emotikon tangan menjura dan tagar doctor, nurse, healthworkers, medical, dan Covid19. Lewat gambar ini Anggun mengingatkan, bahwa kita bisa mendukung paramedis dengan banyak cara simpel. Salah satunya, dengan di rumah aja.

 

3 dari 7 halaman

2. Melly Goeslaw dan Hyun Bin

Melly Goeslaw punya cara kocak mengingatkan masyarakat Indonesia agar di rumah aja. Kamis (27/3/2020), ia mengunggah foto Hyun Bin, artis Korea Selatan yang tengah meroket lewat drama Crash Landing On You.

Foto editan itu menampilkan sang aktor membawa kertas bertuliskan, “You stay at home for you and for the world (Kamu di rumah saja untuk menyelamatkan diri sendiri dan juga dunia.” Ulah pencipta lagu “Tegar” direspons sejumlah seleb dari Mayangsari hingga Rinaldy Yunardi.

4 dari 7 halaman

3. Najwa Shihab dan Pesan Kemanusiaan

Terkesan serius namun tetap kreatif. Itulah cara Najwa Shihab dalam mengampanyekan di rumah aja. Salah satunya, dengan mengunggah komik dari @komiknana bertajuk “Kemanusiaan Dalam Wabah.”

Komik tiga halaman ini ditutup dengan pesan menyentuh, “Percayalah, pada akhirnya kemanusiaan yang akan menyelamatkan kita.” Pesan itu menyertai sejumlah tangan mengepal menghantam virus Corona Covid 19. Keren!

 

5 dari 7 halaman

4. Fajar Nugros dan Burung Bangkai

Sineas Fajar Nugros melayangkan kritik keras bagi mereka yang sengaja menimbun masker lalu menjualnya kembali dengan harga selangit. Tindakan ini, menurut Fajar Nugros, tidak patut dan mencederai rasa kemanusiaan.

Ia mengunggah sketsa karya @Bondi yang menampilkan pria berkaca mata mengisap cerutu, rebahan di masker berukuran raksasa, dan bermandikan uang. “Wah enggak dapat kalau segitu, Bro. Harganya udah naik sekarang,” cetus pria dalam sketsa. Di bagian lain sketsa itu, tertera pesan menohok dengan huruf kapital, “Jangan jadi burung bangkai di negeri sendiri.” Jleb! Kalau tak berniat berbagi, setidaknya jangan julid dan diam di rumah aja.

 

6 dari 7 halaman

5. Dian Sastrowardoyo dan Rebahan

Bintang film Ada Apa Dengan Cinta? punya cara kocak untuk mengajak masyarakat melawan Corona Covid 19. Tak perlu muluk menghimpun dana miliaran atau menghibahkan baju APD. Dengan diam di rumah, kita sudah membantu pemerintah menahan laju wabah.

Dian Sastrowardoyo menulis, “Jika kamu ingin membantu Indonesia, tapi passion kamu adalah rebahan, ini kesempatan kamu! Di rumah aja, bantu Indonesia lawan Covid 19.” Kocak, tapi pesan ini benar adanya. Yuk, rebahan aja.

7 dari 7 halaman

6. Nikita Mirzani dan Tisu Uang

Nikita Mirzani selalu punya cara nyeleneh untuk mengirim pesan penting. Terkait social distancing, bintang film Taman Lawang mengunggah kloset berikut tempat tisu berisi segepok uang pecahan 50 Euro. Buset, itu kalau dirupiahkan berapa ratus juta, ya?

Menyertai unggahan ini, Nikita Mirzani menulis, “#lockdown #socialdistancing #covid19 #cepatberlalucovid19 #maret2020.” Sejumlah seleb seperti Chika Jessica dan Marcelino Lefrandt tampak syok melihat unggahan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.