Sukses

Ngobrol Bareng Bintang Kingdom 2: Tantangan Syuting hingga Ju Ji Hoon Ingin Beli TV

Liputan6.com, Jakarta Kingdom 2 akhirnya resmi tayang di Netflix pada 13 Maret 2020. Serial yang dibintangi Ju Ji Hoon, Bae Doona dan Ryu Seung Ryeong ini masih mengisahkan wabah zombie yang menginvasi Dongnae dan wilayah lainnya pada Dinasti Joseon.

Jika di musim pertama para zombie akan tidur saat matahari terbit, maka pada Kingdom 2 serangan zombie datang tiada henti. Tanpa mengenal siang dan malam, dahaga mereka atas darah manusia tak pernah mereda.

Di tengah perjuangan menyelamatkan diri serta rakyatnya dari serangan zombie, Pangeran Lee Chang juga harus berupaya menyingkirkan Cho Hak Ju yang begitu berambisi menguasai kerajaan.

Mampukah Lee Chang menyelamatkan kerajaan dari ketamakan Cho Hak Ju di tengah serangan zombie yang membabi buta?

2 dari 8 halaman

Pemain dan Sineas

Sebelum Kingdom 2 resmi ditayangkan, Liputan6.com bersama media lain dari Indonesia dan Malaysia berkesempatan melakukan telekonferensi dengan pemain drama ini. 

Selain pemain, kami juga mendapat kesempatan mewawancarai para creator seperti sang penulis, Kim Eun Hee serta sutradara Kim Seong Hun, yang menggarap Kingdom dan Kingdom 2 episode 1. Ada pula Park In Jae, sutradara untuk Kingdom 2 episode dua hingga enam.

Dalam sesi wawancara santai itu, para pemain, sutradara dan penulis mengungkap fakta-fakta seru dan menarik di balik pembuatan Kingdom 2. Penasaran? Berikut kutipan wawancaranya.

 

3 dari 8 halaman

Penulisan

Tanya (T) : Apakah Kingdom 1 dan 2 ditulis secara bersamaan?

Kim Eun Hee: Saya tidak menulisnya bersamaan, saya istirahat sebentar setelah menulis skrip untuk musim 1. Setelah itu kami syuting untuk musim 1. Tapi karena skrip musim 1 juga continuity ke musim 2, jadi saya menyelesaikannya sebelum Kingdom 1 rilis.

T: Dari mana ide cerita serial Kingdom ini, apa ada aspek khusus?

Kim Eun Hee: Tidak ada aspek khusus, tapi saya mendapat banyak insight dari drama, film, dan buku tentang kemanusiaan yang saya baca. Sejujurnya, saya juga mendapat inspirasi ketika sedang minum bersama orang-orang.

4 dari 8 halaman

Tantangan Syuting

T: Apa tantangan terbesar syuting peperangan pada Kingdom 2 episode 1, berapa lama dan melibatkan berapa pemain?

Park In Jae: Di akhir musim 1 kita melihat pertarungan akan terjadi, dan di episode 1 musim 2 kita melihat proses dan penyebab mengapa pertarungan itu terjadi. Untuk adegan pertempuran di episode 1 musim 2 ada 9 putaran, jadi memakan waktu 9 hari. Di hari tertentu ada sekitar 500 orang yang terlibat dalam syuting tersebut.

T: Mengapa hanya ada 6 episode permusim?

Kim Eun Hee: Kami menggarap drama serial ini dengan enam episode per- season. Alasan penting untuk itu adalah untuk mewujudkan visi kami yaitu menciptakan content dengan kualitas tinggi. Kami merasa enam episode adalah keputusan yang tepat yang dapat kami selesaikan dalam enam bulan jadwal syuting.

T: Seperti apa proses castingnya?

Kim Seong Hun: Pertama yang kami lakukan adalah mencari aktor dengan image yang pas dengan peran yang kami tulis dalam skrip, lalu kami me-review kualitas akting mereka. Kemudian kami berdiskusi dengan para team. Ya, kira-kira seperti itu proses castingnya.

 

5 dari 8 halaman

Tukar Posisi

T: Ingin berperan sebagai apa jika para kreator dilibatkan sebagai aktor dalam serial Kingdom?

Kim Eun Hee: Saya mau jadi zombie aja karena saya tidak terlalu bisa akting.

Kim Seong Hun: Kalau saya jadi pemain di Kingdom, saya akan memilih peran sebagai orang yang pertama mati.

Park In Jae: Peran apa aja deh yang penting jangan jadi zombie, soalnya saya bukan pelari yang baik, susah banget. Jadi saya mau jadi apa aja kecuali zombie.

6 dari 8 halaman

Pendalaman Karakter

T: Bagaimana cara membangun dan menjiwai karakter dalam Kingdom 2?

Ju Ji Hoon: Kami berlatih keras untuk adegan laga, kami juga melakukan geladi resik untuk memastikan bahwa tidak ada pemain yang akan terluka saat proses syuting. Meskipun itu adalah adegan laga, tapi kami juga harus memperhatikan aspek emosinya. Jadi ada hal yang juga harus kami latih bersama para pemain.

Bae Doona: Saya membaca buku yang berkaitan dengan medis untuk mendalami peran saya. Tapi ada juga adegan yang mengharuskan saya untuk tampil (sebagai tenaga medis) profesional seperti saat melakukan akupuntur, itu saya juga harus berlatih.

7 dari 8 halaman

Bertabur Plot Twist

T: Apa yang kalian suka dari karakter yang kalian perankan, dan kenapa menyukai cerita ini?

Ju Ji Hoon: Saya menyukainya karena menghibur. Meski ceritanya tentang fantasi, tapi ada banyak aspek yang sesuai dengan keadaan di dunia ini. Contohnya. Bagaimana saat orang yang kita sayangi menghadapi kesulitan.

Aku senang karena Kingdom tidak hanya bercerita tentang cerita kepahlawanan. Tapi bagaimana orang-orang biasa berusaha (mencari jalan keluar) saat menghadapi tantangan. Itulah yang membuat serial ini sangat keren.

Bae Doona: Jalan ceritanya sangat menghibur karena mengandung twist yang tersembunyi di balik cerita. Ceritanya juga merepresentasi isu sosial yang terjadi saat ini. Pada musim pertama digambarkan bagaimana menakutkannya sosok zombie. Selain menakutkan, saya juga melihatnya menyedihkan.

Ada masyarakat yang hidup dalam keadaan kelaparan. Ada juga yang melakukan segala cara untuk mendapat kekuasaan. Ini cerita yang bisa dikaitkan bukan hanya pada Dinasti Joseon, tapi di mana saja dan kapan saja. Itulah kekuatan yang dimiliki Kingdom hingga bisa diterima dengan baik secara global.

Ryu Seung Ryeong: Karena musim perdana diterima dengan baik oleh fans secara global jadi banyak sekali yang menaruh espektasi pada kami, karena itu kami sangat gugup saat di lokasi syuting.

Saat membaca skripnya, kami dapat melihat banyak adegan yang hebat jika dibandingkan dengan season sebelumnya. Banyak juga twist di musim ini. Jadi kami bekerja keras untuk memenuhi espektasi orang-orang.

 

8 dari 8 halaman

Ingin Beli TV Baru

T: Apa adegan yang paling diingat Ju Ji Hoon?

Ju Ji Hoon: Saya tidak bisa menjawab detail karena spoiler, tapi ada adegan di mana konflik dan emosi datang secara bersamaan. Dan saya rasa adegan tersebut sangat seru dan fun saat syuting, jadi kayaknya adegan itu bakal sangat menarik untuk disaksikan.

T: Respons orang terdekat terhadap serial ini?

Ju Ji Hoon: Sebenarnya ayah ibu bisa menyaksikan Netflix melalui TV. Saya punya akun Netflix jadi mereka bisa nonton Netflix kapan pun. Tapi TV nya kurang berfungsi jadi kayaknya saya akan beli TV baru.

Bae Doona: Ada banyak teman dari luar negeri yang menghubungi saya dan memberikan reaksi yang sangat baik. Mereka juga penasaran dengan kelanjutan ceritanya. Jadi rasanya banyak sekali orang yang antusias melihat cerita selanjutnya. Senang sekali.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sinopsis Sinetron SCTV Istri Kedua Episode Senin, 23 Maret 2020: Penampilan dan Gaya Luna Berubah
Artikel Selanjutnya
Denny Cagur Merayu Najwa Shihab: Kamu Ngapain Pagi-Pagi Sudah Masuk ke Pikiran Aku?