Sukses

Pertumbuhan Pendengar Podcast Meningkat Pesat di Spotify

Liputan6.com, Jakarta Podcast kini menjadi sebuah tren yang mulai menghangat di Indonesia. Bahkan platform streaming audio Spotify mencatat kenaikan yang signifikan dalam angka pendengar podcast di Indonesia.

Dilansir dari pernyataan tertulis yang diterima Liputan6.com baru-baru ini, kini 20 persen pengguna Spotify di Indonesia mendengarkan podcast setiap bulannya.

Tak hanya itu, jumlah jam yang mereka gunakan untuk mendengar podcast pun naik sepuluh kali lipat dalam setahun terakhir.

Melihat peluang emas dalam pertumbuhan podcast di Tanah Air, Spotify akhirnya menjalin kerja sama dengan delapan podcast beken Indonesia.

2 dari 5 halaman

Delapan Podcast

Kedelapan podcast ini yakni Podcast Raditya Dika (PORD), Do You See What I See, PODKESMAS, RAPOT, Menjadi Manusia, Podcast Bagi Horror, Box2Box Football Podcast, dan Podcast Suara Puan. Ini adalah podcast yang paling sering diputar di Indonesia.

Sekadar informasi, Spotify kini memiliki lebih dari 700 ribu judul podcast di dalamnya. Secara global, jumlah jam yang dihabiskan pendengar podcast di Spotify tumbuh 200 persen setiap tahun.

Sekitar 90 persen dari podcast ini, dibuat dengan menggunakan Anchor. 

3 dari 5 halaman

Yang Pertama di Asia Tenggara

Melalui kerja sama ini, kedelapan podcast tersebut bisa diakses secara eksklusif di Spotify. Ini merupakan kerja sama yang pertama untuk wilayah Asia Tenggara.

"Kerja sama podcast eksklusif ini merupakan bagian penting dari rencana Spotify untuk mengembangkan ekosistem podcast di Indonesia," kata Gautam Talwar, Managing Director Spotify Asia Tenggara.

4 dari 5 halaman

Pasar Penting

"Kami ingin merevolusi cara pendengar menikmati podcast, sebagaimana kami telah merevolusi industri musik. Indonesia adalah pasar penting dalam ambisi ini dan kami berencana untuk terus menambah deretan Spotify Exclusive Podcast di Indonesia," tuturnya menambahkan.

5 dari 5 halaman

Tidak Menyangka

 Rizky Adi Nugroho, podcaster Do You See What I See, mengaku tidak menyangka adanya kerja sama ini.

"Saya yang semula menjalankan bisnis sebagai pengusaha beras organik, sekarang punya banyak pendengar dan dapat menikmati berbagai kesempatan baru yang diciptakan oleh podcast." kata dia.

Ia juga berharap kerjasamanya dengan Spotify bisa mendorong kreativitas kreator lainnya. 

Loading
Artikel Selanjutnya
Keren! Penemu Difa Bike Ini Sukses Bangkitkan Kaum Disabilitas di 'Jemput Rezeki'
Artikel Selanjutnya
Dukung #dirumahaja, BRI Gratiskan Biaya Top Up GoPay