Sukses

Curhat Dul Jaelani tentang Perubahan Dirinya Usai Kecelakaan Tahun 2013

Dul Jaelani sempat mengalami musibah kecelakaan parah pada 2013 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Dul Jaelani sempat mengalami masa-masa paling sulit dalam hidupnya. Yaitu saat ia mengalami kecelakaan maut pada September 2013 lalu. 

Seperti diketahui penyanyi ini yang kala itu masih berusia 13 tahun, mengalami kecelakaan lalu lintas di tol Jagorawi. Kecelakaan tersebut mengakibatkan 7 orang meninggal dunia. 

Pengalaman tersebut rupanya memang meninggalkan pengalaman yang sangat besar bagi Dul Jaelani. Hal itu disampaikannya saat menjadi bintang tamu dalam video di kanal YouTube milik Ari Lasso. 

"Kamu pernah mengalami tragedi, musibah di 2103, pahit pasti berat luar biasa, ngaruh gak sih hal itu dengan kamu yang sekarang?" tanya Ari Lasso dalam video yang diunggah pada Senin (3/2/2020).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Perubahan

Dul Jaelani bahkan mengira jika kecelakaan itu tidak terjadi, saat ini ia bisa jauh lebih nakal dari kedua kakak-kakaknya. 

"Sangat (berpengaruh), bahkan untuk kondisi kesehatan, itu pasti. Hikmahnya ya banyak, mungkin kalau dulu aku gak (alami) kecelakaan aku sekarang jauh lebih bandel dari Al sama El," jawab putra bungsu Maia Estianty dan Ahmad Dhani ini.

3 dari 5 halaman

Terlalu Sombong

Selain itu, kejadian tersebut membuatnya kembali ke jalan yang benar. Sebelumnya, Dul Jaelani mengakui dirinya terlalu sombong. Ia beranggapan bahwa musibah yang ia alami juga merupakan teguran bagi dirinya.

"Sebelum kecelakaan itu aku atheis. I don't believe in God. Tanya bunda, sebelum kecelakaan aku selalu ngomong, 'mana Allah? Mana Allah? Untuk apa aku sembah?' Aku benar-benar sombong sekali terhadap kehidupan ini. Sehingga ya mungkin karena kelalaian aku juga ya akhirnya terjadi peristiwa itu," kata Dul Jaelani.

 

4 dari 5 halaman

Sadar

Di momen it lah Dul Jaelani merasa Tuhan memang benar-benar ada. Terlebih lagi di saat dirinya sudah tidak tahu lagi ke mana ia harus meminta pertolongan.

"Akhirnya di rumah sakit aku sadar, 'ya Allah, Kau memang ada'. Aku berhari-hari terbaring di rumah sakit, gak ada yang aku cari. Orangtua, oke lah aku pegang tangan bunda, itu cukup menenangkan. Cuma terus aku bilang "ya Allah, ya Allah". Ternyata Kau ada," kata Dul Jaelani.

"Waktu itu aku cuma bisa berdoa doang, ya Allah tolong aku, akhirnya bunda bilang, 'tuh kan Allah ada kan,' bunda bilang gitu," lanjutnya lagi.

 

5 dari 5 halaman

Hidup Sehat

Selain itu, kejadian tersebut juga membawa perubahan positif dari segi pola hidup Dul Jaelani. Sejak saat itu dirinya secara tegas mengatakan bahwa ia bebas dari alkohol dan segala bentuk jenis zat terlarang.

"Sampe sekarang sakitnya masih ada, ada hikmahnya mungkin ya, abis manggung udah gak bisa ngapa-ngapain. Biasanya kan keluyuran, aku gak jaim ya, clubbing, hal-hal nakal yang dilakukan anak muda. Itu tidak aku lakukan sekarang," kata Dul Jaelani.

"Karena keterbatasan fisik yang terjadi. Dan itu aku syukuri. Alhamdulillah sekarang aku non alkohol. Karena ada di punggung, clear, totally clear, ini loh aku Dul, bersih seutuhnya," tegas Dul Jaelani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini