Sukses

Sonia Wibisono Punya Solusi Hilangkan Kuman Pascabanjir

Menanggapi banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya, Dokter Sonia Wibisono mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

Liputan6.com, Jakarta - Banjir 2020 hingga kini masih menjadi topik hangat di masyarakat Tanah Air. Ditambah lagi, curah hujan di Jabodetabek masih terbilang tinggi. Menanggapi banjir yang melanda Jakarta dan sekitarnya, Dokter Sonia Wibisono mengimbau agar masyarakat tetap waspada.

"Kan sekarang lagi banyak yang kena banjir nih, karena hujan yang terus menerus tapi pembuangannya tidak lancar. Banjir itu menyebabkan banyak sekali penyakit, karena air yang menggenang terkena perabotan dan lantai akan membawa kuman-kuman semua dari sekitar tanah, kotoran, ke rumah kita," ujar Sonia Wibisono kepada wartawan, belum lama ini.

"Seperti diketahui, kan kuman itu biasanya banyak terjadi saat banjir. Sampai-sampai kita batuk, pilek, sudah pasti karena kuman, kemudian diare. Jadi kan banyak kotoran dari sampah-sampah, dari kuman-kuman, penyakit, masuk ke dalam rumah, ke dalam tempat makan kita," lanjut Sonia Wibisono.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyakit yang Bersarang

Dokter Sonia Wibisono pun menyampaikan bahwa dari situlah semua penyakit bersarang. Menurutnya, gejala yang paling kentara adalah sakit perut, karena kuman-kuman bisa sampai ke tempat makanan dan perabotan rumah yang terkena banjir.

Selain itu, Sonia Wibisono juga mengingatkan bahaya leptospirosis, penyakit dari kuman leptospira yang dibawa urine tikus. Gejala seperti demam dan pegal linu bisa menyebabkan komplikasi organ dalam bila tak ditangani dengan baik.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegahnya

Alhasil, Sonia Wibisono pun memberikan solusi sekaligus cara mencegah semua penyakit tersebut beserta gatal-gatal, diare, dan tifus yang bisa datang kapan saja.

"Nah, semuanya itu bisa disemprotkan dengan antibacterial spray Lavme ini. Karena Lavme spray anti kuman dan bakteri ini gunanya untuk membasmi dan membunuh kuman, 99 persen kuman akan mati," beber Sonia Wibisono.

"Jadi dengan semprotkan Lavme, maka kuman akan mati dan menurunkan, mencegah terjadinya penyakit-penyakit. batuk pilek, diare, tifus, leptospirosis, dan juga menghilangkan bau. Karena Lavme ini menetralkan bau," lanjutnya.

4 dari 4 halaman

Semua Keluhan Hilang

Sonia Wibisono pun menjanjikan bahwa setelah itu, semua bau bisa dinetralkan, termasuk bau kotoran dan bau banjir. Selain itu, gatal-gatal pun hilang bila menyemprotkan Lavme ke sofa-sofa dan tempat tidur.

"Karena dia akan membasmi kuman dan kutu-kutu," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.