Sukses

Kaleidoskop 2019: 8 Perceraian Seleb Paling Heboh

Liputan6.com, Jakarta - Tak lama lagi 2019 akan segera berlalu. Rasanya, lebih lengkap bila kita menyimak Kaleidoskop 2019 dengan menyorot sejumlah selebritas di Tanah Air.

Namun, tak semua Kaleidoskop 2019 menyisakan kisah manis dari para seleb. Beberapa kisah pahit pun sempat mereka alami yang salah satunya adalah perceraian.

Kasus perceraian menjadi salah satu isu yang banyak mengundang sorotan publik. Maka, tak salah bila Kaleidoskop 2019 salah satunya membahas hal ini.

Perceraian dari kalangan selebritas, kebanyakan melibatkan nama-nama top di Tanah Air. Misalnya saja Gading Marten, Angel Lelga, hingga ulama kondang, Ustaz Abdul Somad.

Lantas, siapa lagi seleb yang kabar perceraiannya menghebohkan publik sepanjang 2019? Yuk ikuti deretannya yang dirangkum oleh Liputan6.com dalam Kaleidoskop 2019 kali ini.

2 dari 9 halaman

1. Angel Lelga dan Vicky Prasetyo (10 Januari)

Beberapa kali menjalani persidangan, akhirnya Majelis Hakim Pengadilan Agama Jakarta Selatan menetapkan Vicky Prasetyo dan Angel Lelga resmi bercerai, 10 Januari 2019.

Sayangnya, Angel Lelga tak terlihat menghadiri sidang putusan tersebut. Hanya ada Vicky Prasetyo selaku pihak penggugat yang didampingi kuasa hukumnya.

Menariknya, perceraian mereka pada akhirnya dibatalkan karena Vicky ternyata tak mengucap ikrar talak. Angel pun menggugat cerai pada 13 Desember 2019.

3 dari 9 halaman

2. Melanie Putria dan Angga Puradireja (22 Januari)

Melanie Putria menggugat cerai suaminya, vokalis band Maliq & D'Essentials, Angga Puradireja ke Pengadilan Agama Jakarta Barat, 23 November 2018.

Bukan alasan orang ketiga atau KDRT, perceraian terjadi lantaran Melanie Putria dan Angga sudah tak sepemahaman lagi dalam menjalani rumah tangga.

Setelah menjalani dua kali persidangan, Melanie Putria dan Angga Maliq & D'Essentials dinyatakan resmi bercerai oleh Pengadilan Agama Jakarta Barat, 22 Januari 2019.

4 dari 9 halaman

3. Gisella Anastasia dan Gading Marten (23 Januari)

Sidang kasus perceraian Gisella Anastasia dan Gading Marten terakhir kali dilaksanakan melalui sidang putusan pada 23 Januari 2019 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Setelah diproses selama hampir dua bulan, Majelis Hakim secara resmi memutus pernikahan Gisella Anastasia dan Gading Marten. Keduanya tak lagi berstatus sebagai suami istri.

"Mengabulkan gugatan penggugat sepenuhnya dengan verstek. Pernikahan keduanya resmi bercerai," kata Hakim Ketua, Asiadi Sembiring, dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

5 dari 9 halaman

4. Delon Thamrin dan Yeslin Wang (24 Januari)

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat mengabulkan permohonan gugat cerai yang diajukan Yeslin Wang kepada Delon, 24 Januari 2019. Sehingga, Yeslin Wang pun resmi bercerai dari Delon.

Makmur SH selaku ketua majelis hakim dalam persidangan perceraian Yeslin Wang dan Delon, memutuskan bahwa perceraian Yeslin Wang dan Delon secara verstek. Pasalnya, dalam beberapa kesempatan, Delon selaku pihak tergugat tak pernah menampakkan diri di persidangan.

Dalam sidang beragenda putusan tersebut, Yeslin Wang tak hadir dan hanya diwakili oleh kuasa hukumnya, Osner Johnson. Menurut Osner, Yeslin Wang tak bisa hadir lantaran sedang bekerja.

6 dari 9 halaman

5. Shezy Idris dan Krishna Adhyata Pratama (18 Maret)

Shezy Idris sudah berstatus janda sejak Maret 2019 lalu. Ia berhasil memenangkan hak asuh terhadap kedua anaknya. Perannya sebagai orangtua tunggal membuatnya harus mencari nafkah sendirian.

Mendapat hak asuh anak, Shezy Idris tetap memberi kewenangan terhadap mantan suaminya, Krishna Adhyata Pratama, untuk mengunjungi dua buah hatinya.

"Kalau ayahnya mau ketemu misalnya minggu ini, ya sudah jemput. Kalau enggak, minggu depannya," ungkap Shezy Idris ketika ditemui wartawan di kawasan Radio Dalam, Jakarta Selatan, 27 November 2019.

7 dari 9 halaman

6. Tata Janeeta dan Mehdi Zati (26 Juni)

Sidang cerai Tata Janeeta dengan Mehdi Zati telah selesai digelar di Pengadilan Agama Jakarta Barat. Dalam sidang yang beragendakan pembuktian saksi dan surat ini, Tata Janeeta tidak hadir.

Tata Janeeta hanya diwakili kuasa hukum dan kakaknya, Feby. Dalam sidang kali ini, majelis hakim langsung memberikan putusan lewat verstek.

Kabar ini disampaikan oleh Wati Trisnawati selaku kuasa hukum Tata Janeeta saat ditemui di Pengadilan Agama Jakarta Barat, 26 Juni 2019.

8 dari 9 halaman

7. Wanda Hamidah dan Daniel Patrick Hadi Schuldt (10 September)

Sekali lagi, Wanda Hamidah tak beruntung dalam rajutan rumah tangga. Hubungan Wanda dengan Daniel Patrick Hadi Schuldt, sebagai pasangan suami istri kandas.

Perceraian yang dialami Wanda Hamidah dilakukan pada September tahun ini. Dan itu dibenarkan oleh wanita yang kini menjadi politikus.

"Kalau temen mau konfirmasi berita itu, benar. Saya berpisah di tahun ini," terang Wanda Hamidah, di kawasan Epicentrum, Jakarta, 10 Desember 2019.

9 dari 9 halaman

8. Ustaz Abdul Somad dan Mellya Juniarti binti Asman (3 Desember)

Rumah tangga Ustaz Abdul Somad (UAS) dengan istrinya, Melya Juniarti binti Asman, koyak. Pernikahan yang membuahkan satu anak itu berakhir pada 3 Desember 2019.

Seperti diketahui, Majelis Hakim Pengadilan Agama Bangkinang, Kampar, Riau, mengabulkan gugatan cerai yang dilayangkan ustaz Abdul Somad. Saat ini, keduanya telah resmi bercerai berdasarkan hukum Indonesia.

Seperti terlihat dalam di situs Pengadilan Agama Bangkinang, pihak Ustaz Abdul Somad memasukkan permohonan perceraian sejak 12 Juli 2019 di Pengadilan Agama Bangkinang, Kabupaten Kampar, Riau.