Sukses

Frozen dan 6 Film Disney Ini Meraih Piala Oscar Lagu Terbaik, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta Saat Frozen 2 dirilis, banyak pencinta film bertanya akankah lagu temanya semeledak "Let It Go"? Seperti diketahui, "Let It Go" soundtrack Frozen (2013).

"Let It Go" menembus 5 besar di tangga lagu Billboard Hot 100. Tak hanya itu, "Let It Go" meraih Piala Oscar Lagu Tema Film Terbaik. Frozen sendiri ditetapkan sebagai Film Animasi Terbaik Oscar 2014.

Frozen 2 diharapkan mampu melahirkan lagu tema sefenomena "Let It Go." Beberapa lagu tema Frozen 2 mulai didengar, di antaranya "Into the Unkown" dan "All Is Found."

Film dari Disney dikenal memiliki lagu tema yang indah dan abadi. Beberapa di antaranya diganjar Piala Oscar. Selain Frozen, ini 6 film Disney yang meraih Oscar Lagu Tema Film Terbaik.

2 dari 7 halaman

1. The Little Mermaid (1989)

Publik terperenyak saat The Little Mermaid meraih 4 nominasi di Golden Globes termasuk untuk Film Terbaik Musikal atau Komedi. Meski kalah, kala itu kritikus meyakini hal yang sama akan terjadi di Oscars. Sayang, komite Oscars mengabaikan rekomendasi Golden Globes.

Mereka hanya memberi 3 nominasi, yakni Penata Musik Terbaik dan Lagu Tema Terbaik untuk "Kiss The Girl" serta "Under The Sea." Dua lagu ini diciptakan Alan Menken dan Howard Ashman. "Under The Sea" menang. Alan juga membawa pulang Piala Oscar Penata Musik Terbaik.

3 dari 7 halaman

2. Beauty and The Beast (1991)

Sebutlah film animasi yang mampu meraih nominasi Film Terbaik Oscar! Tak ada kecuali Beauty and The Beast. Karya Gary Trousdale dan Kirk Wise ini juga satu-satunya animasi dalam sejarah yang menang Film Terbaik Musikal atau Komedi di Golden Globes.

Meski gagal jadi film terbaik Oscar, Beauty and the Beast menggasak dua piala Tata Musik Terbaik dan Lagu Tema Terbaik, "Beauty and the Beast" yang ikonis. Karya Alan Menken dan Howard Ashman ini dinyanyikan Celine Dion bareng Peabo Bryson. Sayang, saat namanya disebut sebagai pemenang, Howard telah mangkat.

4 dari 7 halaman

3. Aladdin (1992)

Saat dunia terbuai cerita cinta Whitney Huoston dan Kevin Costner dalam The Bodyguard, Aladdin menyelinap sebagai kuda hitam. Album soundtrack The Bodyguard hingga kini menjadi album soundtrack terlaris sepanjang masa. Konon, terjual 40 juta kopi lebih sejagat. Album ini memfiturkan tiga hit besar, "I Will Always Love You," "I Have Nothing," dan "Run To You."

Dua lagu yang disebut terakhir berlaga di Oscars 1993. Pemenangnya? "A Whole New World" yang dibawakan Peabo Bryson dan Regina Belle. Karya Alan Menken dan Tim Rice ini diganjar Piala Oscar. Di malam yang sama, Alan juga meraih Oscar sebagai Penata Musik Terbaik.

5 dari 7 halaman

4. Pocahontas (1995)

Pocahontas tak mendapat ulasan sebagus The Little Mermaid, Beauty and The Beast, dan Aladdin. Meski demikian, karya sineas Mike Gabriel dan Eric Goldberg ini sukses melanjutkan tradisi Walt Disney membawa pulang piala Oscar kategori Penata Musik dan Lagu Tema Terbaik.

Masih menempatkan Alan Menken sebagai juru racik musik, kali ini ia didampingi Stephen Schwartz menulis "Colors of the Wind." Duo seniman ini membawa pulang Piala Oscar Penata Musik Terbaik dan Lagu Tema terbaik.

6 dari 7 halaman

5. Toy Story 3 (2010)

Toy Story 3 contoh ideal sekuel dengan kualitas yang lebih baik dari pendahulunya. Seperti diketahui, Toy Story (1995) dan Toy Story 2 (1999) gagal menang Oscar. Toy Story 3 menebus aib itu dengan pukulan ganda.

Ia membawa pulang 2 Piala Oscar Film Animasi dan Lagu Tema Terbaik lewat tembang "We Belong Together" karya Randy Newman. Selain itu, Toy Story 3 meraup pendapatan kotor 1,067 miliar dolar AS. Angka ini setara dengan 15 triliun rupiah!

 

7 dari 7 halaman

6. Coco (2017)

Kami tak kan lupa adegan Miguel (Anthony Gonzalez) berlari dari permakaman dan menemui Mama Coco (Ana Ofelia). Miguel memberi tahu Coco bahwa ayahnya tak pernah bermaksud minggat. Coco bergeming. Miguel sedih bukan kepalang.

Jika Coco melupakan ayahnya, maka sang ayah akan lenyap selamanya. Miguel lantas menyanyikan "Remember Me." Saat itulah Coco bicara. Penonton, termasuk kami, menangis megap-megap di bioskop.

Inilah keajaiban sebuah lagu. "Remember Me" diganjar Oscar, mengalahkan "This Is Me" dari film The Greatest Showman –kandidat terkuat tahun itu. Coco pun jadi film animasi terbaik.

Loading