Sukses

Nunung Srimulat Alami Depresi Terselubung Walau Sering Melawak

Gangguan psikologis itu sudah dialami Nunung Srimulat sejak tiga tahun terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sidang di PN Jakarta Selatan, Rabu (23/10/2019), Nunung dan July Jan Sambiran menghadirkan saksi ahli dari RSKO Cibubur, Jakarta Timur. Saksi tersebut merupakan dokter yang menanganinya selama rehabilitasi.

Dalam sidang, saksi ahli yang bernama Herni Taruli Tambunan mengungkap bahwa Nunung mengidap depresi. Gangguan psikologis itu sudah dialaminya sejak tiga tahun terakhir.

Kecurigaan Herni Taruli bahwa Nunung memiliki gangguan psikologis, terdeteksi sejak awal sang komedian dirawat di RSKO. Kala itu, kondisi Nunung benar-benar menurun.

 

"Bu Nunung saat itu sudah letih. Kayaknya saat itu ada prosedur yang harus dijalankan. Kami anggap kondisinya belum bisa menerima dibawa ke RSKO," ungkap saksi ahli di hadapan majelis hakim. 

"Memang prosedur masuk ruang sakit memang screening (pemeriksaan), enggak cuma mental tapi juga fisik," sambungnya. 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengapa Depresi?

Mendengar kesaksian dari dokter Herni Taruli Tambunan, salah satu hakim anggota kemudian bertanya. Mengapa Nunung bisa mengidap depresi padahal dia selalu terlihat ceria.

 

3 dari 5 halaman

Seribu Wajah

"Kalau bahasa awamnya depresi punya seribu wajah. Di ruangan ini ada satu dari empat orang yang depresi. Depresi bisa terselubung," beber saksi ahli.

4 dari 5 halaman

Cerita tapi Cemas

Herni Taruli Tambunan juga menuturkan bahwa, sejumlah orang yang berprofesi sebagai komedian juga memiliki penyakit yang sama.

"Kita lihat Mba Nunung ceria, tapi bukan berarti dia lepas dari kondisi cemas. Banyak komedian yang meninggal karena depresinya," ia menambahkan.

5 dari 5 halaman

Atasi Gangguan Psikologis

Selain membantu Nunung untuk keluar dari jeratan narkoba, pihak dokter di RSKO juga membantu mengatasi gangguan psikologis yang diidap komedian asal Solo, Jawa Tengah ini.

"Kita enggak dapat surat rujukan tapi kita terima sejumlah (resep) pengobatan pada Mba Nunung dari salah satu dokter di Jakarta," papar Herni Taruli Tambunan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini