Sukses

Video Makan Gurita Kontroversial, Ria Ricis Berdalih Pencinta Hewan

Garda Satwa Fondation mengkritik video Ria Ricis saat memakan gurita di Korea.

Liputan6.com, Jakarta - Pekan lalu, Ria Ricis mengunggah sederetan video tentang keseruan liburan di Korea Selatan. Tapi, salah satu video yang diunggahnya mengundang kontroversi. Video itu adalah ketika Ria Ricis memakan gurita utuh tanpa dimasak terlebih dahulu.

Kontroversi dimulai ketika Instagram Garda Satwa Fondation mengkritik video Ria Ricis pada Jumat (30/8/2019). Garda Satwa Fondation mengatakan video memakan gurita utuh mengandung konten kekerasan. Garda Satwa Fondation bahkan meminta Ria Ricis untuk menghapus video tersebut.

"Memakan hewan hidup-hidup itu kejam dan tidak beradab, meskipun hewan yang dimakan adalah hewan untuk dikonsumsi. Kecuali kalau @riaricis1795 mampu menelan langsung gurita itu dalam satu kali telan, dan hewannya tidak terlalu lama merasakan sakit karena langsung tewas, enggak digigit sedikit demi sedikit," tulis Garda Satwa Fondation.

Selang beberapa jam setelah Garda Satwa Fondation melayangkan kritik pedas, Ria Ricis mengunggah klarifikasi. Melalui Instagram Story, Ria Ricis memohon maaf. Ria Ricis mengonfirmasi bahwa gurita yang ia makan keadaannya sudah mati. Gurita itu dapat bergerak karena tersiram garam dan bumbu lainnya.

"Hallo semuanya, assalamualaikum. Mengenai berita yang katanya lagi rame soal aku makan gurita di Korea kemarin, saya mohon maaf sebelumnya. Sebelum makan dan bikin konten tersebut saya sudah konfirmasi dengan berulang bahwa gurita yang saya makan sebenernya keadaan mati. Gurita bergerak karena adanya campuran garam atau bumbu lainnya (yang sudah pernah coba langsung ke sana pasti tahu). Lalu pendapat orang di Korea dan Muslim di sana menganggap tidak masalah dengan memakan hewan tersebut," jelas Ria Ricis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pecinta Binatang

Ria Ricis mengungkapkan dirinya juga mencintai binatang. Ria Ricis mengaku tidak akan menyakiti binatang yang masih hidup di luar sana. Hal ini dibuktikan dengan pengakuan Ria Ricis bahwa dirinya merawat seekor kucing yang kakinya patah.

"Di rumah saya juga ada beberapa hewan peliharaan yang saya rawat. Pengikut lama atau baru pasti tahu. Salah satunya kucing kampung yang kakinya patah yang saya rawat di rumah dan sekarang alhamdulillah gemuk, dab hewan-hewan launnya," tandas Ria Ricis. (Maria Advensiani/mgg)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini