Sukses

Setelah Bertahun-tahun, Dian Sastrowardoyo Ungkap Anaknya Autisme

Anak pertama Dian Satrowardoyo berkebutuhan khusus.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin tak banyak yang tahu bila anak pertama Dian Sastrowardoyo, Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, mengidap autisme. Dian akhirnya mengungkap kondisi anaknya ini kepada publik.

Dian Sastrowardoyo pertama kali tahu bahwa Shailendra berkebutuhan khusus adalah saat sang anak masih berusia di bawah satu tahun. Kala itu, Dian melihat perkembangan Shailendra tak seperti anak pada umumnya.

Saat Dian Sastrowardoyo menyadari anaknya berbeda, ia langsung berkonsultasi dengan dokter. Dan tanda-tanda autisme ternyata ada pada diri Shailendra.

"Dia enggak ada ketertarikan, kemampuan untuk melakukan. Dia enggak bisa niup, itu sampai latihan berkali-kali untuk ngelakuin gerakan motorik kecil," jelas Dian Sastrowardoyo di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (23/8/2019).

"Lalu jarang ada kontak mata, kita juga merindukan koneksi batin, bonding. Itu enggak pernah terjadi di anak saya," sambung bintang film Kartini tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Menangis

Kondisi Shailendra tentu membuat Dian Sastrowardoyo begitu sedih. Karena sang anak tergolong 'spesial', Dian tak bisa melakukan bonding seperti yang dilakukan ibu dan anak kebanyakan.

"Aku rindu loh ada eye contact sama anak saya, aduh saya kalau ngomong begini pengin nangis loh," kata Dian Sastrowardoyo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.