Sukses

Selain Bukan Taman Safari, Ini 3 Lagu Dangdut Hit dari Film Indonesia

Hit & Run bukan satu-satunya film Indonesia yang menampilkan lagu dangdut.

Liputan6.com, Jakarta - Hit & Run serentak tayang di jaringan bioskop mulai 4 Juni 2019. Tak sendiri, penayangan Hit & Run berbarengan dengan empat film Indonesia lainnya yakni Ghost WriterSi Doel The Movie 2Kuntilanak 2, dan Single Part 2

Selain menampilkan barisan bintang kondang, Hit & Run memfiturkan lagu dangdut “Bukan Taman Safari” yang dinyanyikan Tatjana Saphira. Lagu itu ramai diperbincangkan di media sosial. 

Hit & Run bukan satu-satunya film Indonesia yang menampilkan lagu dangdut. Dari era 1970 hingga sekarang, ada sejumlah film Indonesia yang melahirkan lagu dangdut legendaris. Kali ini, Showbiz Liputan6.com memilihkan tiga lagu dangdut yang lahir dari film Indonesia untuk Anda. Selamat menyimak ulasan khas kami.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

“Jablai” dari Film Mendadak Dangdut

Waktu tamasya ke Binaria, pulang-pulang kuberbadan dua. Meski tanpa restu orang tua sayang, aku rela Abang bawa pulang. Siapa tak ingat lirik lagu ini? “Jablai” dibawakan Petris (Titi Kamal) dengan karakter vokal genit, manja, dan sedikit aleman.

Uniknya, karakter vokal Titi Kamal terasa pas. Suara Tikam yang mewakili suara awam, membuat lagu ini didendangkan banyak orang sepanjang 2006. “Jablai” menjadi hit besar. 

Selain sukses di bioskop dan di industri musik, filmnya sendiri berjaya di FFI. Titi Kamal meraih nominasi Piala Citra Pemeran Utama Wanita Terbaik sementara Kinaryosih yang memerankan Yulia, kakak Petris, menang Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. 

 

3 dari 4 halaman

“Buka Dikit Joss” dari Film Cewek Saweran

Cewek Saweran yang naskahnya ditulis sineas peraih dua Piala Citra, Ifa Isfansyah, dirilis pada 2011. Sayang, film ini jeblok di pasar. Cewek Saweran yang disutradari Eddie Cahyono yang kemudian mengantar Siti menjadi film terbaik FFI 2014.

Meski Cewek Saweran amblas di pasar, lagu “Buka Dikit Joss” yang menjadi soundtrack film ini meroket.

Juwita Bahar yang membintangi Cewek Saweran kemudian merilis album berjudul berjudul sama. Sejumlah pedangdut kemudian menyanyikan ulang lagu ini dengan aransemen berbeda di antaranya, Trio Macan, Wiwik Sagita, dan Neo Sari.

Lagu ini juga sukses dibawakan Caesar di program variety show Yuk Keep Smile.Penggalan liriknya, “Hei kenapa kamu kalau nonton dangdut sukanya bilang 'buka dikit joss'? Apa karena pakai rok mini jadi alesan?” sangat melekat di benak publik.

 

4 dari 4 halaman

“Ani” dari Film Oma Irama Penasaran

Sang Raja Dangdut Rhoma Irama melahirkan banyak hit lewat film-filmnya. Salah satu yang legendaris, lagu “Ani” dari film Oma Irama Penasaran pada 1976.

Ani adalah nama karakter yang diperankan Yati Octavia. Empat puluh tiga tahun berlalu sejak film itu dirilis, tokoh Ani dan lagu “Ani” tetap dikenang hingga kini. Meme Rhoma Irama dan Ani ramai bertebaran di internet.

Ani identik dengan gambar Yati Octavia menangis. Kedua tangannya memegang kepala sambil berujar, “Tidak, Rhoma! Cukup Rhoma, cukup!” Sementara penggalan lirik lagu, “Ani, Ani, sungguh aku tahu kau rindu padaku,” menempel di ingatan pencinta film dan musik hingga kini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini