Sukses

Kilas Balik Perjalanan Karier Wanna One, Singkat namun Melesat

Wanna One memang dibubarkan setelah 1,5 tahun. Namun mereka telah melalui banyak hal dalam perjalanan karier mereka yang singkat.

Liputan6.com, Jakarta - Kontrak Wanna One sebagai grup temporer yang dinaungi oleh Swing Entertainment, berakhir pada Senin (31/12/2018).

Meski begitu, mereka masih akan beraktivitas hingga akhir Januari 2019. Kegiatan terakhir Park Ji Hoon dkk sebagai anggota Wanna One, adalah konser perpisahan bertajuk "Therefore" yang berlangsung di Gocheok Sky Dome pada 24-27 Januari 2019.

Usia Wanna One memang singkat, hanya sekitar 1,5 tahun. Namun kesebelas anggota grup telah berhasil menorehkan pencapaian yang tak mudah diraih oleh grup lain. 

Seperti apa perjalanan karier Wanna One?

1. Produce 101 Season 2

Wanna One lahir dari ajang Produce 101 Season 2, yang kesebelas pemenangnya ditentukan lewat pemungutan suara dari pemirsa. Menjelang akhir kompetisi, ranking kerap berubah dengan drastis.

Hingga akhirnya, ditentukan para anggota Wanna One, yakni Kang Daniel, Park Ji Hoon, Lee Dae Hwi, Kim Jaehwan, Ong Seong Wu, Park Woo Jin, Lai Guan Lin, Yoon Ji Sung, Hwang Min Hyun, Bae Jin Young, dan Ha Sung Woon.

2. Debut di Gocheok

Bertepatan dengan debut mereka pada 7 Agustus 2017, Wanna One menggelar pertunjukan di Gocheok Sky Dome, Seoul. Pertunjukan di venue bergengsi ini dihadiri sekitar 20 ribu orang, dan tiketnya begitu diperebutkan.

Wanna One, adalah grup perdana yang menggelar debut showcase di tempat ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penghargaan dan Kontroversi

3. Pendatang Baru Terbaik

Setelah debut, Wanna One mencetak sejumlah pencapaian. Salah satunya album debut mereka, 1x1=1 (To Be One) yang laku terjual sebanyak sejuta keping.

Tak heran, pada akhir 2017, Wanna One menyapu bersih piala Rookie of the Year atau Pendatang Baru Terbaik di sejumlah acara penghargaan musik Korea Selatan . Beberapa di antaranya adalah di ajang Asia Artist Awards, Gaon Chart Music Awards, Golden Disc Awards, Melon Music Awards, Mnet Asian Music Awards, Seoul Music Awards, dan lainnya.

4. Kontroversi

Bersamaan dengan perilisan single "Boomerang", Wanna One melakukan siaran dengan platform streaming digital. Hanya saja, video saat anggota Wanna One bercanda dan melakukan tes kamera sebelum menggelar siaran, tersebar luas.

Banyak orang yang meyakini bahwa anggota Wanna One mengumpat dan mengeluarkan kata tak senonoh dalam video ini. Kontroversi meluas. Meski tanpa alasan jelas, Ha Sung Woon dituduh sebagai pelakunya.

Bukan agensi, justru para penggemar yang bergerak untuk membersihkan nama Ha Sung Woon dan Wanna One. Mereka menyewa dua lab forensik untuk menganalisis video ini. Hasilnya, kedua lab mengatakan tuduhan tersebut sama sekali tak terbukti.

3 dari 3 halaman

Konser

5. World Tour

Meski belum genap berusia setahun, Wanna One sudah menggelar tur dunia bertajuk "One:The Word" di 14 negara, termasuk Indonesia. Tur ini dimulai pada 1 Juni hingga 1 September 2018 di Filipina.

6. Konser Terakhir

Tampaknya para penggemar tak ingin melewatkan saat-saat terakhir bersama kesebelas anggota Wanna One. Buktinya, tiket konser perpisahan mereka yang bertajuk "Therefore", ludes terjual. Padahal, konser tersebut digelar di venue Gocheok Sky Dome yang berkapasitas sekitar 20 ribu orang, dan digelar selama empat hari.

Harga tiket di tangan calo pun melambung, bahkan menyentuh angka Rp 180 juta.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini