Sukses

Film Dokumenter KDRT Pakistan Raih Oscar

Liputan6.com, Los Angeles: Film dokumenter Saving Face menyabet Piala Oscar untuk kategori dokumenter pendek terbaik pada perhelatan Academy Award ke-84. "Piala ini juga untuk seluruh dokter bedah dan para perempuan Pakistan," ujar sutradara film itu, Sharmeen Obaid-Chinoy. Dia menggunakan busana tradisional perempuan Pakistan berwarna coklat keemasan saat memberikan sambutan di podium Oscar.

Film dokumenter yang digarap Daniel Junge dan Sharmeen Obaid-Chinoy ini mengisahkan tentang ahli bedah plastik yang membantu memperbaiki wajah perempuan-perempuan Pakistan, akibat terbakar siraman air keras atau kekerasan dalam rumah tangga lainnya. Film ini mengalahkan nominasi lainnya seperti God is the Bigger Elvis dan film tentang bencana tsunami Jepang, The Tsunami and the Cherry Blossom.

Dalam perhelatan Academy Award ke-84, film terbaik diraih The Artist. Film karya sutradara Michel Hazanavicius ini menyisihkan nominasi lainnya seperti The Descendant, Extremely Loud & Incredibly Close, The Help, Hugo, Midnight in Paris, Moneyball, The Tree of Life, dan War House. The Artist menyabet lima Oscar untuk Aktor Terbaik, Desain Kostum Terbaik, Sutradara Terbaik, Original Score, dan Film Terbaik.(ANT/JUM)