Sukses

Rahasia di Balik Kata Excelsior yang Sering Diucap Stan Lee

Banyak pengguna media sosial yang juga menggunakan kata excelsior dalam ucapan dukacita atas kematian Stan Lee.

Liputan6.com, Los Angeles - Kabar meninggalnya Stan Lee pada Senin (12/11/2018) kemarin, jelas membuat para penggemar berdukacita. Uniknya, banyak ucapan belasungkawa yang menyertakan satu kata di dalamnya.

Kata tersebut, adalah excelsior. Lihat saja ucapan dukacita dari Chris Evans di Twitter miliknya.

"Tak akan ada lagi Stan Lee yang lain. Selama berdekade-dekade, ia menghadirkan petualangan, pelarian, kenyamanan, rasa percaya diri, inspirasi, kekuatan, persahabatan dan kebahagiaan. Ia menyebarkan cinta dan kebaikan pada banyak orang yang jejaknya akan tak akan lekang. Excelsior!!" tulis sang aktor Captain America ini.

Rupanya, excelsior adalah kata yang sering diucapkan Stan Lee semasa hidupnya. Dalam kolom yang ia tulis, pria yang meninggal di usia 95 tahun ini pun selalu menulis 'Excelsior!" sebagai kata penutup. Kata ini pun kerap ditulis Stan Lee dalam unggahannya di media sosial.

Lalu, dari mana asal kata ini? Dan apa maknanya?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jargon Khas

Dalam wawancara dengan Gizmodo pada 2007 silam, Stan Lee pernah menerangkan mengenai kata ini.

Rupanya, ia memang sejak lama ingin menggunakan sebuah jargon khas dalam kolom yang ia tulis. Dan "Excelsior!", bukanlah jargon pertama yang ia gunakan.

"Aku memakai banyak ekspresi di pengujung kolom buku komikku, seperti Hang Loose, Face Front, 'Nuff Said, tapi aku selalu menemukan bahwa pesaing menirukan dan menggunakan ini," tuturnya.

 

3 dari 3 halaman

Excelsior!

Stan Lee lantas memutar otak, mencari kata apa yang arti maupun cara mengejanya tak diketahui para pesaingnya ini. "Dari sini excelsior berasal, dan mereka (pesaing) tak menirunya, untung saja," kata dia.

Pada 2010, Stan Lee juga pernah menerangkan arti kata ini dalam salah satu cuitannya.

"Terakhir, apa arti "Excelsior"? "Terus ke atas menuju kejayaan yang lebih besar!" Inilah yang kudoakan untuk kalian setiap kali aku nge-tweet! Excelsior!" tulis Stan Lee kala itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.